PT. Pelabuhan Indonesia II Cabang Tanjung Priok mengikuti Pelatihan & Pengembangan SDM, bidang Keprotokolan dan Master of Ceremony

October 25, 2013 Pelatihan

Pelatihan Keprotokolan dan Master of Ceremony

Pada tanggal 21 s.d 23 Oktober PT. Pelabuhan Indonesia II Cabang Tanjung Priok mengikuti Pelatihan & Pengembangan SDM, bidang Keprotokolan dan Master of Ceremony. Pelatihan Keprotokolan dan Master of Ceremony diikuti oleh 3 orang staf Bagian Humas PT. Pelabuhan Indonesia II Cabang Tanjung Priok.

Pelatihan Keprotokolan dan Master of Ceremony dianggap penting, karena menurut UU.No.8/1987, Protokol adalah serangkaian aturan dalam acara kenegaraaan atau acara resmi yang meliputi aturan mengenai tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan, sehubungan dengan penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan atau kedudukannya dalam negara, pemerintah atau masyarakat. Dalam perkembangannya sekarang, kata protokol berarti : (1) suatu pedoman berisi tata cara internasional dan (2) pemberian pelayanan kepada pemimpin, tamu, peserta rapat, dan lain-lain yang terkait dalam acara resmi. Dari pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa protokol berisi pedoman atau tata cara kegiatan, dan semua hal yang mengatur pelaksanaan kegiatan resmi disebut protokoler. Diharapkan dengan adanya pedoman atau tata cara tersebut, dapat ikut menentukan terciptanya suasana yang mempengaruhi keberhasilan suatu acara, menciptakan tata pergaulan yang mendekatkan satu sama lain, terselenggaranya upacara yang khidmat, tertib, teratur.

Pelatihan Keprotokolan

Dan seringkali Protokol disamakan dengan Master of Ceremony (MC), padahal Protokol dan MC merupakan dua hal yang yang berbeda, namun senantiasa bersinergi dalam suksesnya suatu acara. Peran MC sangat penting. Lancar tidaknya suatu acara, berhasil tidaknya suatu acara, dan puas tidaknya peserta suatu acara sangat tergantung pada MC. Berdasarkan deskripsi tersebut diatas, maka setiap bagian yang menjalankan tugas-tugas keprotokolan dan MC, haruslah berpedoman pada landasan hukum yang sudah diatur sebelumnya. Untuk itu bagian Humas PT. Pelabuhan Indonesia II Cabang Tanjung Priok haruslah menguasai seluk beluk keprotokolan dan MC.

Tags : , ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami