Pelatihan GIS dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bolaang Mongondow

April 19, 2014 Pelatihan

Pelatihan-Sistem-Informasi-Geografis

Sistem Informasi Geografis biasa disebut dengan SIG atau Geographic Information System dalam bahasa Inggris disingakat GIS. Sistem Informasi Geografis merupakan seperangkat tatanan dan prosedur yang meliputi perangkat lunak dan perangkat keras untuk mengumpulkan, mengolah, dan memvisualisasikan data yang membentuk informasi dalam konteks spasial (keruangan) yang mudah dipahami, untuk mendukung pengambilan keputusan pada bidang tertentu. Dalam bidang pertanian, SIG memiliki manfaat yang sangat luas antara lain untuk inventarisasi, manajemen, kesesuaian lahan untuk pertanian, dan perencanaan tata guna lahan.

Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bolaang Mongondow telah mengikuti pelatihan instansi dengan materi Sistem Informasi Geografis pada tanggal 15 sampai dengan 18 April 2014 pada kantor gedung Yogya Executive School “YES”. Pelatihan menggunakan aplikasi ArcView 3.3. Pelatihan dimulai dengan mengenalkan konsep dasar SIG terlebih dahulu kemudian disusul dengan pemahaman konsep komponen penyusun GIS. Materi kedua dilanjutkan dengan mempraktikan langsung software ArcView untuk implementasi penerapan pembuatan objek SIG berupa bentuk poly, garis dan titik. Gabungan ketiga objek akan menghasilkan sebuah bentuk visualisasi yang dapat menggambarkan konsep pemetaan dibidang pertanian sesuai rancangan awal. Materi ketiga adalah memasukan database kedalam masing-masing objek. Setiap objek diberi atribut sesuai dengan informasi yang ada di dalamnya.

Pelatihan-Sistem-Informasi-Geografis-Kabupaten-Bolaang-Mongondow
Pertanian pada Kabupaten Bolaang Mongondow sangat luas, sehingga perlu dilakukan pemetaan lahan pertanian dengan teliti agar dapat menghasilkan Sistem Informasi Geografis yang valid dan memberikan manfaat dalam penerapan program-program dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bolaang Mongondow.

Tags : , , ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami