Dishubkominfo Kab. Kupang mengikuti Workshop Pengolahan Data Berbasis Jaringan, Workshop Administrasi Perkantoran Berbasis Jaringan dan Pengolahan Data Lanjutan

August 28, 2014 Pelatihan

Pelatihan-Pengolahan-Data-Lanjutan-Dishubkominfo-KupangData adalah suatu  file elektronik yang sangat memegang peranan penting di era Digital saat ini. Kemajuan teknologi informasi yang demikian pesat serta potensi pemanfaatannya secara luas, membuka peluang bagi pengaksesan, pengelolaan, dan pendayagunaan informasi dalam volume yang besar secara cepat dan akurat.

Salah satu hal penting dalam penerapan e-government di setiap lembaga pemerintah adalah dengan dapat memberikan informasi dan pelayanan publik yang berkaitan dengan data secara cepat dan akurat. Sebagaimana kita ketahui data adalah suatu penggambaran fakta dan pengertian instruksi yang dapat disampaikan dan diolah oleh manusia atau mesin, sedangkan pengolahan data adalah pengubahan atau transformasi simbol-simbol seperti nomor dan huruf untuk tujuan peningkatan kegunaannya. Dengan demikian pengolahan data perlu tata aturan dari tahapan untuk dapat menghasilkan pengolahan data yang maksimal. Sebagai upaya meningkatkan kemampuan pengelolaan Administrasi Perkantoran dengan cara mengolah dan mengelola data, maka salah satu langkah yang relevan dilakukan Pemerintah Daerah adalah dengan membuat Manajemen Sistem Pengolahan Data dan menyiapkan SDM untuk pengelolaannya. Untuk itu Dishubkominfo Kab. Kupang pada tanggal 27 Agustus s/d 29 Agustus mengirimkan beberapa staf untuk mengikuti Workshop Pengolahan Data Berbasis Jaringan,Workshop Administrasi Perkantoran Berbasis Jaringan dan Pelatihan Pengolahan Data Lanjutan.

Workshop-Administrasi-Perkantoran-Berbasis-Jaringan

Workshop Pengolahan Data Berbasis Jaringan memberikan gambaran konsep tentang pengarsipan dokumen secara elektronik untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan dokumen sebagai sumber daya informasi yang berharga dalam rangka pemeliharaan arsip dinamis sesuai kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Di dalam kearsipan disebutkan, bahwa dalam rangka pemeliharaan arsip dinamis dapat dilaksanakan dalam bentuk dan media apapun sesuai kemajuan teknologi informasi dan komunikasi berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan. Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini serta tuntutan untuk mewujudkan penyelenggaraan pengelolaan perguruan tinggi yang baik, pengarsipan dokumen secara elektronik oleh setiap perguruan tinggi merupakan salah satu jawaban untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan dokumen sebagai sumber daya informasi yang berharga. Sehingga setelah mengikuti Workshop Pengolahan Data Berbasis Jaringan diharapkan peserta dapat mengembangkan pengelolaan kearsipan dengan penerapan teknologi informasi, khususnya dalam bidang Kearsipan Elektronik, serta memahami konsep dasar tentang komputerisasi kearsipan.

Workshop-Pengolahan-Data-Berbasis-Jaringan

Dan di dalam Pelatihan Pengolahan Data Lanjutan lebih fokus kepada pengelolaan Database atau basis data yang disimpan secara sistematis di dalam media penyimpan komputer yang nantinya diharapkan dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Yang di dalam pengembangan selanjutnya pemanfaatan Database atau Basis akan menjadi aspek yang sangat penting dalam Manajemen Sistem Pengolahan Data, sehingga dapat dihasilkan data-data akurat sebagai penunjang informasi  dan data bagi pimpinan dalam membuat keputusan, serta terwujudnya upaya penerapan e-government.

Kemudian pada Workshop Administrasi Perkantoran Berbasis Jaringan difokuskan dalam perencanaan dan perancangan database atau basis data yang nantinya dipergunakan oleh suatu aplikasi khusus kearsipan atau menggunakan Microsoft Access untuk pengelolaan dan pengambilan data yang disesuaikan dengan kebutuhan organisasi terkini.

 

 

 

 

Tags : , ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami