Pelatihan GIS dengan Quantum GIS dari Politeknik Negeri Jember

April 6, 2015 Pelatihan

Pelatihan GIS tingkat dasar

Pada tanggal 30 Maret s/d 02 April 2015 2 SDM dari Politeknik Negeri Jember mengikuti Pelatihan GIS. Pelatihan GIS  ini diperlukan karena Teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG) sudah tidak bisa lepas lagi dari teknologi informasi dibidang pemetaan saat ini. Dan seperti halnya kita menggunakan pengolah kata untuk menulis dokumen dan mengelola kata pada komputer, kita dapat menggunakan aplikasi SIG untuk menangani informasi spasial pada komputer. SIG merupakan singkatan dari ‘Sistem Informasi Geografis. Saat ini ada berbagai aplikasi Sistem Informasi Geografis yang tersedia, dengan beberapa fitur dan fungsi khusus yang berbeda dengan harga yang cukup mahal. Di lain sisi, anda juga bisa mendapatkan Aplikasi SIG dengan gratis yaitu aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) yang bernama Quantum GIS. Quantum GIS merupakan perangkat lunak SIG berbasis open source untuk mengolah data geospasial.

Pelatihan Geographic Information System dengan Quantum GIS

Target yang harus dicapai dari pelatihan SIG tingkat dasar ini adalah peserta mampu memahami konsepsi dasar pemetaan, konsepsi dasar SIG, mampu menyusun dan mengelola basisdata, serta menyajikan informasi dalam bentuk peta menggunakan aplikasi Quantum GIS. Adapun tujuan daripada diselenggarakan pelatihan ini adalah untuk membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan dalam pemanfaatan teknologi SIG.

Sehingga setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta mampu membangun basis data geospasial, mengolah dan memanipulasi basis data geospasial dan menyajikan informasi geospasial. Dalam Pelatihan GIS Tingkat Dasar ini diberikan materi diantaranya adalah : Pengetahuan umum peta, Sistem koordinat dan proyeksi peta, Konsep SIG, Konsep basis data SIG, Pengantar GPS untuk SIG, Pemasukan data spasial, Pemasukan data tabular, Pengolahan data spasial, Manajemen basis data spasial, Pengantar pemetaan tematik dan Tata letak peta menggunakan Quantum GIS.

Tags : , , ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami