Pelatihan Document Management System (DMS) – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sambas

March 14, 2016 Implementasi TI, Pelatihan

Pelatihan Document Management System (DMS) dari BKD Kabupaten Sambas

Agar kegiatan instansi pemerintah di bidang administrasi kepegawaian berjalan lancar, maka Badan Kepegawaian Daerah (BKD) perlu memiliki informasi kepegawaian yang berkualitas. Karena informasi yang berkualitas akan sangat mendukung dalam proses perencanaan dan pengambilan keputusan di bidang kepegawaian serta implementasinya di lapangan. Untuk itu, data-data kepegawaian pada setiap naskah kepegawaian, haruslah berupa data-data yang berkulitas dan selalu up to date (akurat).Di dalam Perka BKN disebutkan, bahwa pengelolaan Tata Naskah Kepegawaian PNS disimpan dalam bentuk dokumen fisik maupun image document. Tata Naskah Kepegawaian PNS adalah sistem penyimpanan dan pengelolaan dokumen kepegawaian sejak diangkat sebagai Calon PNS/PNS sampai dengan mencapai batas usia pensiun, berupa Surat-Surat Keputusan yang ditetapkan oleh Pejabat yang berwenang di bidang kepegawaian. Saat ini banyak pengelolaan arsip fisik kepegawaian, dokumen disimpan di dalam Lemari/Filling, yang memiliki beberapa kekurangan antara lain, pencarian kembali dokumen memerlukan waktu yang relatif lama sehingga mempengaruhi pelayanan informasi kepegawaian, memerlukan ruang penyimpanan yang cukup luas karena arsip selalu bertambah, serta memungkinkan terjadi kehilangan dokumen. Oleh karena itu, pengelolaan arsip kepegawaian secara fisik perlu dibarengi dengan pengelolaan secara elektronik berbentuk image document. Dalam penyelenggaraan tata naskah kepegawaian secara elektronik, image document hasil pemindaian (scanning) dokumen fisik kepegawaian dikelola menggunakan aplikasi DMS (Document Management System).Aplikasi DMS (Document Management System) ini memerlukan server dan peralatan jaringan serta perangkat elektronik pendukung lainnya sehingga pelayanan dapat diselenggarakan melalui jaringan (intranet dan Internet). Serta tidak memerlukan ruang penyimpanan khusus karena image document disimpan di dalam hard disk komputer.

Pelatihan Pengelolaan Tata Naskah Kepegawaian PNS

Mengingat pentingnya pengelolaan Tata Naskah Kepegawaian PNS secara elektronik untuk meningkatkan pelayanan terhadap Pegawai Negeri Sipil secara efisien dan efektif, maka Pelatihan Document Management System (DMS) bagi sumber daya aparatur Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sambas sangat diperlukan. Agar pengelolaan tata naskah kepegawaian Pegawai Negeri Sipil dapat dilakukan secara efisien dan efektif. Sehingga pada tanggal 10 sd 12 Maret 2016 Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sambas mengirimkan 2 sdm yang berkompeten untuk mengikuti Pelatihan Document Management System (DMS). Dan setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta :

  1. Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang dokumen elektronik;
  2. Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang penyelenggaraan Tata Naskah Kepegawaian secara elektronik berjaringan;
  3. Memiliki ketrampilan mengoperasikan aplikasi DMS untuk mengelola arsip elektronik kepegawaian, termasuk penyimpanan, pencarian kembali dan pencetakan.

 

Jika memerlukan Pelatihan seperti pada berita diatas atau Materi Pelatihan yang lain silahkan mengisi form request training

Tags : , , ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami