Pelatihan Kearsipan Elektronik (e-Filing) – PT. Pelindo I PERSERO Medan

March 19, 2016 Implementasi TI, Pelatihan

Pelatihan Kearsipan Elektronik (e-Filing)

Administrasi adalah salah satu kegiatan operasional rutin yang dilakukan oleh setiap personil dalam suatu organisasi atau instansi. Proses administrasi formal terkait dengan aspek legal dan umumnya  tertuang dalam bentuk dokumen dinas tertulis. Oleh karena itu lalu lintas dokumen, surat, nota, atau memo dinas antar bagian atau unit kerja akan berkembang menjadi sangat besar sehingga memerlukan sumber daya yang semakin besar. Setiap personil dari unit kerja yang menerima atau mengeluarkan dokumen harus dapat melakukan verifikasi sesuai kewenangannya. Sehingga memerlukan waktu proses yang semakin lama pula karena verifikasi, validasi dan otorisasi akan melewati bagian atau unit kerja yang juga lebih banyak. Dan hal yang terjadi saat ini  adalah, hampir semua organisasi masih menyimpan atau mengarsipkan dokumen secara konvensional dalam bentuk fisik, kertas atau hard copy. Hal ini akan memerlukan ruang yang besar dan memerlukan banyak waktu serta tenaga dalam pencarian dokumen yang diperlukan.

Pelatihan Teknologi Informasi Kearsipan Elektronik (e-Filing)

Dan dengan adanya perkembangan Teknologi Informasi yang sangat cepat, maka proses administrasi  formal dapat memanfaatkan teknologi informasi di dalam kegiatan kearsipan. Sesuai dengan Undang-Undang No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan disebutkan, bahwa dalam rangka pemeliharaan arsip dinamis dapat dilaksanakan dalam bentuk dan media apapun sesuai kemajuan teknologi informasi dan komunikasi berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan. Dan untuk itu, mengacu pada Keputusan Menteri Komunikasi dan Informasi No. 56 Tahun 2003 tentang Panduan Manajemen Sistem Dokumen Elektronik, bahwa pengarsipan dokumen elektronik perlu dikelola secara elektronik dengan menerapkan aplikasi sistem informasi manajemen kearsipan elektronik.

Menanggapi hal ini maka PT. Pelindo I PERSERO Medan pada tanggal 16 s/d 18 Maret 2016 mengirim kembali 4 sdm yang berkompeten di bidang kearsipan ke Yogya Executive School “YES” sebagai mitra pengembang SDM dan Teknologi Informasi untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Kearsipan Elektronik (e-Filing). Dan salah satu tujuan PT. Pelindo I PERSERO Medan mengikuti pelatihan Kearsipan Elektronik adalah untuk meng-update aplikasi kearsipan elektronik menjadi aplikasi e- Filing yang memiliki fitur lebih lengkap.

Malam Keakraban Peserta Pelatihan Kearsipan Elektronik PT. Pelindo I PERSERO Medan - "YES"

Malam Keakraban Peserta Pelatihan Kearsipan Elektronik (e-Filing) PT. Pelindo I PERSERO Medan

 

Jika memerlukan Pelatihan seperti pada berita diatas atau Materi Pelatihan yang lain silahkan mengisi form request training

Tags : , , , ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami