Pelatihan Pengelolaan Jaringan Fiber Optik dengan OTDR – RSUP DR Sardjito

May 28, 2016 Pelatihan

Pelatihan Jaringan Fiber Optic

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat telah merambah ke berbagai sektor termasuk kesehatan. Meskipun dunia kesehatan (dan medis) merupakan bidang yang bersifat information-intensive, akan tetapi pemanfaatan teknologi informasi agak tertinggal. Sebagai contohnya, pemanfaatan transaksi finansial secara elektronik sudah menjadi salah satu prosedur standar dalam dunia perbankan, beberapa rumah sakit besar di Indonesia baru dalam tahap perencanaan pengembangan billing system. Meskipun rumah sakit dikenal sebagai organisasi yang padat modal-padat karya, akan tetapi investasi teknologi informasi masih merupakan bagian kecil.

Dan di dalam aspek aspek infrastruktur, kita mengenal ada istilah jaringan komputer baik yang bersifat terbatas dan dalam kawasan tertentu (misalnya satu gedung) yang dikenal dengan nama Local Area Network (LAN) maupun jaringan yang lebih luas, bahkan bisa meliputi satu kabupaten atau negara atau yang dikenal sebagai Wide Area Network (WAN). Saat ini, aspek infrastruktur dalam teknologi informasi seringkali disatukan dengan perkembangan teknologi komunikasi. Sehingga muncul istilah konvergensi teknologi informasi dan komunikasi. Perangkat smartphone yang berperan sebagai komputer genggam tetapi sarat dengan fungsi komunikasi (baik Wi-Fi, bluetooth maupun GSM) merupakan salah satu contoh diantaranya.

Pelatihan Pemeliharaan Jaringan Fiber Optic dengan OTDR

Mengingat perkembangan dan tuntutan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi semakin mendesak maka RSUP DR Sardjito lebih mengoptimalkan pemanfaatkan fiber optik sebagai tulang punggung jaringan karena volume data yang semakin besar sejak pemanfaatan  sistem informasi manajemen untuk pelayanan di berbagai bidang diberlakukan. Untuk itu Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) DR Sardjito bekerja sama dengan Yogya Executive School “YES” mengadakan Pelatihan Pemeliharaan Jaringan Fiber Optic. Dengan mengirimkan 3 sdm yang berkompeten di bidang teknologi informasi dan komunikasi pada tanggal 26 s/d 27 Mei 2016 untuk mengikuti Pelatihan Pemeliharaan Jaringan Fiber Optic yang difokuskan pada pemanfaatan perangkat OTDR ( Optical Time Domain Reflectometer) digunakan untuk mengevaluasi kualitas dari suatu jaringan serat optic.

Maksud dari kegiatan ini adalah untuk mendidik dan melatih SDM Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito menuju penerapan dan pengembangan sistem komunikasi, khususnya dalam bidang fiber optik. Dan setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta :

  • Memiliki/Meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang Fiber Optic,
  • Memiliki keterampilan penggunaan OTDR di dalam pemeliharaan jaringan Fiber Optic.

Jika memerlukan Pelatihan seperti pada berita diatas atau Materi Pelatihan yang lain silahkan mengisi form request training

 

Tags : , ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami