Pelatihan Pengembangan SDM – Financial Management dan Logistic & Procurement Management dari Ministério Da Solidariedade Social (MSS) Republic Democratic Timor Leste

November 8, 2016 Pelatihan

pelatihan-pengembangan-sdm-ministerio-da-solidariedade-social-mss-republic-democratic-timor-leste

Perubahan konsep pemerintahan sejalan dengan perkembangan kebudayaan dan peradaban manusia, memberikan pengaruh di dalam penyelenggaraan pemerintahan, sehingga saat ini  di kembangkan suatu konsep penyelenggaraan pemerintahan yang disebut dengan good governance. Good Governance adalah pemerintahan yang baik di dalam standar proses maupun hasil-hasilnya, semua unsur pemerintahan bisa bergerak secara sinergis, tidak saling berbenturan, memperoleh dukungan dari rakyat dan terlepas dari gerakan-gerakan yang dapat menghambat proses pembangunan. Dikategorikan pemerintahan yang baik, jika pembangunan itu dapat dilakukan dengan biaya yang sangat minimal menuju cita-cita kesejahteraan dan kemakmuran.

Untuk mewujudkan hal tersebut maka Pemerintah harus didukung oleh sumber daya manusia dari lembaga-lembaga pemerintah yang memiliki kompetensi tinggi. Karena kompetensi menjadi salah satu elemen yang mendasari seseorang untuk mencapai kinerja terbaik dalam pekerjaannya. Kompetensi tersebut meliputi pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan perilaku (attitude) yang mampu menciptakan sumber daya manusia yang memiliki semangat pengabdian yang tinggi dalam melayani masyarakat yang selalu bertindak efisien, rasional, transparan, dan akuntabel.

pelatihan-pengembangan-sdm-manajemen-keuangan-financial-management

Mengingat pentingnya pengembangan sumber daya manusia sebagai upaya mewujudkan good governance maka Ministério Da Solidariedade Social (MSS) Republic Democratic Timor Leste bekerja sama dengan Yogya Executive School “YES” untuk pelaksanaan kegiatan pelatihan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dengan materi Financial Management dan Logistic & Procurement Management. Pelatihan ini dilaksanakan mulai tanggal 24 Oktober s/d 04 November 2016 yang diikuti oleh 8 sdm terpilih di lingkungan Ministério Da Solidariedade Social (MSS) yang terbagi menjadi 2 kelas pelatihan.

pelatihan-manajemen-keuangan-financial-management

Didalam kelas Manajemen Keuangan (Financial Management) diberikan materi pengenalan dan dasar manajemen keuangan, ruang lingkup manajemen keuangan, dan peran-peran manajer keuangan. Serta konsep akuntansi yang konprehensif yang menuntut kecakapan peserta dalam mengimplementasikan standar-standar akuntansi didalam aktivitas keuangan organisasi atau lembaga pemerintah.

pelatihan-pengembangan-sdm-manajemen-logistik-logistic-management

Dan didalam kelas Logistik &  Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa (Procurement Management) diberikan materi  tentang Logistik sebagai supporting dalam operasional perkantoran yang dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan dengan metoda pengelolaan logistik yang efektif dan terintegrasi, yang meliputi aktivitas pembelian atau pengadaan barang, pergudangan, pengendalian inventori, dan distribusi barang. Serta materi Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa (Procurement Management) dengan pembahasan proses pengadaan barang/jasa secara swakelola dengan mengandalkan sumber daya yang ada di dalam instansi pemerintah, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengerjaan sampai pengawasan secara mandiri proses pengadaan barang/jasa. Sehingga melalui pelatihan ini peserta memahami dan menjalankan peraturan yang ada terkait prinsip-prinsip pengadaan barang, memahami para pihak terkait pengadaan barang/jasa termasuk yang bertugas dalam pengelolaan dan koordinasi pengadaan barang/jasa, dapat melaksanakan etika pengadaan pada pengadaan barang/jasa, memahami prinsip pengendalian dan pengawasan pengadaan barang/jasa serta memahami penyimpangan yang biasa terjadi dalam pengadaan barang/jasa.

pelatihan-manajemen-logistik-logistic-management

Acara Malam Keakraban Peserta Pelatihan Pengembangan SDM dan Teknologi Informasi Yogya Executive School "YES"

Acara Malam Keakraban Peserta Pelatihan Pengembangan SDM dan Teknologi Informasi Yogya Executive School “YES”

 

Jika memerlukan Pelatihan seperti pada berita diatas atau Materi Pelatihan yang lain silahkan mengisi form request training

Tags : , , ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami