Pelatihan e-Government – Komputerisasi Kearsipan Elektronik (e-Filing) dari Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DP2KAD) Kota Kotamobagu

November 21, 2016 Implementasi TI, Pelatihan

pelatihan-e-government-dp2kad-kota-kotamubagu

Pengelolaan arsip dan dokumen merupakan salah satu tugas rutin bagi personil administrasi di dalam sebuah lembaga atau instansi pemerintah. Saat ini pengelolaan arsip dan dokumen secara konvensional harus sudah mulai di tinggalkan dengan alasan efektifitas dan efisiensi, karena memerlukan effort yang semakin besar dalam pengelolaanya. Dan sebagai salah satu jawaban untuk meningkatkan efektivitas serta efisiensi dalam pengelolaan arsip dan dokumen sebagai sumber daya informasi yang berharga adalah dengan memanfaatkan pengarsipan dan pengelolaan dokumen secara elektronik.

Berdasarkan Undang-Undang No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan disebutkan, bahwa dalam rangka pemeliharaan arsip dinamis dapat dilaksanakan dalam bentuk dan media apapun sesuai kemajuan teknologi informasi dan komunikasi berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan. Dengan mengingat hal tersebut diatas agar penataan dan pengelolaan arsip dapat berjalan secara efektif dan efisien, maka pemanfaatan komputerisasi kearsipan elektronik (e-Filing) bagi pengelola arsip pada Instansi atau lembaga Pemerintah menjadi salah satu jawaban yang tepat. Pemanfaatan komputerisasi kearsipan elektronik (e-Filing) mengacu pada Keputusan Menteri Komunikasi dan Informasi No. 56 Tahun 2003 tentang Panduan Manajemen Sistem Dokumen Elektronik, bahwa pengarsipan dokumen elektronik perlu dikelola secara elektronik atau menerapkan aplikasi sistem informasi manajemen kearsipan elektronik akan mendapatkan manfaat yang maksimal, antara lain :

  • Pengumpulan dan pengelolaan arsip serta dokumen lebih baik dan mudah dicari kembali
  • Memudahkan penggunaan dokumen secara bersama antar unit dalam lembaga atau Instansi Pemerintah
  • Meningkatkan kualitas layanan publik

diklat-teknis-komputerisasi-kearsipan-elektronik

Mengingat pentingnya pemanfaatan komputerisasi kearsipan elektronik (e-Filing) maka Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DP2KAD) Kota Kotamobagu pada tanggal 17 s/d 19 November 2016 mengirimkan 3 sdm yang berkompeten dalam pengelolaan arsip dan dokumen untuk mengikuti Pelatihan Komputerisasi Kearsipan Elektronik (e-Filing). Setelah mengikuti Pelatihan Komputerisasi Kearsipan Elektronik (e-Filing) diharapkan peserta :

  • Memahami konsep dasar tentang komputerisasi kearsipan
  • Dapat mengoperasikan aplikasi kearsipan e-Filing dengan baik dan benar
  • Memiliki kemampuan untuk mengimplementasikan aplikasi kearsipan dalam pengelolaan arsip di unit kerjanya.

 

Jika memerlukan Pelatihan seperti pada berita diatas atau Materi Pelatihan yang lain silahkan mengisi form request training

 

Tags : , ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami