Pelatihan Pengembangan SDM – Keprotokolan dan Master of Ceremony – Sekretariat Daerah Kabupaten Boven Digoel Provinsi Papua

Pelatihan Pengembangan SDM Sekretariat Daerah (SETDA) Kabupaten Boven Digoel Oktober 2017

Protokol adalah suatu tata urutan yang berisi pedoman atau tata cara kegiatan atau kebiasan-kebiasan dan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan formalitas, serta semua hal yang mengatur pelaksanaan kegiatan resmi  yang sering disebut dengan protokoler. Sehingga aturan-aturan protokoler ini  menjadi acuan institusi pemerintahan dan berlaku secara universal.

Menurut UU No. 9 Tahun 2010 tentang Keprotokolan :
Disebutkan bahwa, Keprotokolan adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi Tata Tempat, Tata Upacara, dan Tata Penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan/atau kedudukannya dalam negara, pemerintahan, atau masyarakat.
Dan UU No. 9 Tahun 2010 tentang Keprotokolan ini adalah pengganti Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1987 tentang Protokol yang sudah dianggap tidak sesuai dengan zaman.

Pelatihan Keprotokolan Sekretariat Daerah (SETDA) Kabupaten Boven Digoel Provinsi Papua Oktober 2017

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa protokol berisi pedoman atau tata cara kegiatan, dan semua hal yang mengatur pelaksanaan kegiatan resmi disebut protokoler. Diharapkan dengan adanya pedoman atau tata cara tersebut dapat ikut menentukan terciptanya suasana yang mempengaruhi keberhasilan suatu acara, menciptakan tata pergaulan yang mendekatkan satu sama lain, terselenggaranya upacara yang khidmat, tertib dan teratur. Dan kelancaran serta keberhasilan dalam suatu acara sangat tergantung pada Master of Ceremony (MC) atau sering disebut Pembawa Acara. Karena pembawa acara bertugas mengumumkan, memberitahu, dan mengatur pelaksanaan setiap tahapan atau mata acara, mulai pembukaan, pergantian mata acara, dan penutupan.

Pelatihan Keprotokolan dan Master of Ceremony Sekretariat Daerah (SETDA) Kabupaten Boven Digoel Provinsi Papua Oktober 2017

Mengingat pentingnya Keprotokolan dan tugas Master of Ceremony (MC) atau Pembawa Acara bagi instansi pemerintah, maka pada tanggal 19 s/d 21 Oktober 2017 Sekretariat Daerah (SETDA) Kabupaten Boven Digoel Provinsi Papua mengirim 5 sdm untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Keprotokolan dan Master of Ceremony.

Dan disela-sela kesibukan kegiatan Pelatihan Keprotokolan dan Master of Ceremony, peserta pelatihan dari Sekretariat Daerah Kabupaten Boven Digoel Provinsi Papua juga berkesempatan mengikuti acara Malam Keakraban yang diikuti oleh manajemen dan staf Yogya Executive School “YES”  bersama-sama dengan peserta pelatihan dari instansi lain.

Malam Kakraban Pesrta Pelatihan Pengembangan SDM dan e-Government Yogya Executive School "YES" Oktober 2017

Malam Keakraban Peserta Pelatihan Pengembangan SDM dan e-Government Yogya Executive School “YES” Oktober 2017

Jika memerlukan Pelatihan seperti pada berita diatas atau Materi Pelatihan yang lain silahkan mengisi form request training