MENU

Pelatihan Penatausahaan Persediaan Elektronik (SIMTORI)

Pelatihan E-Government Penatausahaan Persediaan Elektronik (SIMTORI) YES Jogja Januari 2018

Dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara dinyatakan bahwa, pengguna barang dan/atau kuasa pengguna barang wajib mengelola dan menatausahakan Barang Milik Negara (BMN) yang berada dalam penguasaannya dengan sebaik-baiknya. BMN dapat dikelompokkan menjadi aset lancar dan aset tetap, serta BMN yang termasuk dalam kategori aset lancar adalah persediaan.

Persediaan memilik fungsi yang sangat strategis bagi setiap instansi pemerintah, yaitu untuk mendukung kegiatan dan operasional sesuai tupoksinya. Namun terdapat beberapa permasalahan dalam pengelolaan persediaan. Berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK, temuan yang sering terjadi antara lain adalah pencatatan dan penatausahan yang tidak tertib, tidak dilakukan stock opname, saldo persediaan negatif, penatausahaan barang yang sudah diserahkan kepada masyarakat tetapi proses pemindahtanganan belum selesai, dan beban persediaan yang tidak diyakini kewajarannya. Sebenarnya hal-hal tersebut dapat dihindari jika administrasinya dilaksanakan dengan tertib.

Pelatihan Penatausahaan Persediaan Elektronik yang kami selenggarakan mempelajari sistem sistem pentausahaan persediaan barang habis pakai dengan menggunakan aplikasi SIMTORI.

SIMTORI adalah aplikasi berbasis web yang berfungsi untuk mengelola persediaan barang habis pakai pada sebuah instansi pemerintah. Yakni untuk melakukan pencatatan jenis, satuan, jumlah, harga, permintaan dan pemakaian persediaan, serta pelaporannya. Pencatatan termasuk Nomor dan Tanggal Kontrak, Nomor dan Tanggal Berita Acara Penyerahan, serta dilengkapi cetak Surat Bukti Barang Keluar (SBBK).

SIMTORI kami buat menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan Framework CodeIgniter, Bootstrap dan jQuery. Database menggunakan MySQL dan web design menggunakan HTML. Sesuai dengan karaktiristik aplikasi berbasis web, aplikasi ini multi platform (Windows, Unix atau Linux dll) dan support untuk digunakan secara secara bersama-sama (multi user) dalam suatu jaringan Client-Server. Setiap instansi yang mengikuti pelatihan yang kami selenggarakan akan mendapatkan aplikasi SIMTORI secara gratis.

Pelatihan Penatausahaan Persediaan Elektronik (SIMTORI) berlangsung selama 3 (tiga) hari dengan materi pelatihan:

  • Apresiasi dan Instalasi SIMTORI
  • Persedian Barang dan Pemecahan Satuan
  • Manajemen Pengguna
  • Barang Masuk
  • Permintaan Barang
  • Barang Rusak/Hilang

Pelatihan Penatausahaan Persediaan Elektronik (SIMTORI) merupakan salah satu program dari Pelatihan Perkantoran Elektronik (E-OFFICE) yang kami selenggarakan.

Informasi lebih lanjut dan pendaftaran online klik di sini