Pelatihan Kearsipan Elektronik dari Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan ( LPMP ) Provinsi Papua

Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupannya bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara (UU No. 43 tahun 2009 pasal 1 ayat 2). Dan Filling (Kearsipan) adalah penempatan kertas-kertas dengan sedemikian rupa dalam tempat penyimpanan yang baik menurut aturan yang telah ditentukan terlebih dahulu sehingga setiap kertas (surat) apabila diperlukan dapat ditemukan kembali dengan mudah dan cepat.

Dan dengan adanya perkembangan serta kemajuan teknologi informasi saat ini, serta untuk mewujudkan tata kelola arsip yang baik, maka pemanfaatan teknologi informasi sudah tidak dapat dihindarkan lagi. Di dalam Undang-Undang No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan disebutkan bahwa, pencipta arsip atau lembaga kearsipan dapat membuat arsip dalam berbagai bentuk atau melakukan alih media antara lain media elektronik.

Mengingat pentingnya penerapan sistem kearsipan elektronik untuk menggantikan atau melengkapi pengelolaan arsip, maka pada tanggal 08 s/d 10 Desember 2020 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan ( LPMP ) Provinsi Papua menugaskan 6 sdm untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Perkantoran Elektronik dengan materi Kearsipan Elektronik. Dengan mengikuti kegiatan Pelatihan Kearsipan Elektronik diharapkan peserta dapat mengimplementasikan aplikasi E-Filing sebagai salah satu jawaban untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan dokumen arsip sebagai sumber daya informasi.

Jika memerlukan Pelatihan Teknologi Informasi dan Pelatihan Pengembangan SDM atau seperti pada berita diatas atau Materi Pelatihan yang lain silahkan mengisi form request training.