Pelatihan Bendahara Keuangan dari Inspektorat Kabupaten Boven Digoel Provinsi Papua

June 21, 2022 Pelatihan

Pelatihan Pengembangan SDM Inspektorat Kabupaten Boven Digoel Provinsi Papua

Pengelolaan keuangan harus diselenggarakan secara profesional, terbuka dan bertanggungjawab serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai salah satu upaya mewujudkan tata pemerintahan yang baik (good governance). Keuangan daerah harus dikelola secara tertib, taat pada peraturan perundang-udangan, efektif, efisien, ekonomis, transparan dan bertanggungjawab dengan memperhatikan azas keadilan, kepatutan serta bermanfaat bagi masyarakat. Dalam melaksanakan kegiatan penatausahaan keuangan daerah, bendahara penerimaan dan bendahara pengeluaran memiliki peran penting dalam melaksanakan tugas-tugas kebendaharaan pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Bendahara penerimaan pada SKPD memiliki tugas menyelenggarakan pembukuan terhadap seluruh penerimaan dan penyetoran atas penerimaan yang menjadi tanggung jawabnya, menyampaikan laporan pertanggungjawaban penerimaan kepada Pejabat Pengelola Keuangan Daerah (PPKD), melakukan verifikasi, evaluasi dan analisis atas laporan pertanggungjawaban penerimaan. Sedangkan Bendahara Pengeluaran memiliki tugas mengelola uang persediaan, menerima, menyimpan, menatausahakan, dan pembukuan, kemudian melakukan pengujian dan pembayaran berdasarkan perintah Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), menolak perintah pembayaran apabila tidak memenuhi persyaratan untuk dibayarkan dan tugas lain sesuai peraturan kepala daerah. Dalam rangka meningkatkan kinerja dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, maka harus dilakukan pengendalian pengelolaan keuangan secara berjenjang, hal ini dilakukan agar pelaksanaan kegiatan dapat mencapai target dan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan secara tepat waktu, tepat mutu, tertib administrasi, tepat sasaran dan tepat manfaat.

Pelatihan Bendahara Keuangan Inspektorat Kabupaten Boven Digoel Provinsi Papua

Mengingat pentingnya akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah maka pada tanggal 20 s/d 22 Juni 2022 Inspektorat Kabupaten Boven Digoel Provinsi Papua menugaskan 8 sdm untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Pengembangan SDM dengan materi Bendahara Keuangan. Setelah mengikuti kegiatan Pelatihan Bendahara Keuangan diharapkan peserta dapat menyediakan informasi mengenai posisi keuangan daerah selama periode pelaporan dengan lebih baik.

Pelatihan Pengelolaan Keuangan Bendahara Keuangan Inspektorat Kabupaten Boven Digoel

Jika memerlukan Pelatihan Perkantoran Elektronik, Pelatihan Teknologi Informasi dan Pelatihan Pengembangan SDM seperti pada berita diatas atau Materi Pelatihan yang lain silahkan mengisi form request training.

Tags : ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami