MENU

Keprotokolan

Protokol adalah serangkaian aturan dalam acara resmi, yang meliputi tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan, sehubungan dengan penghormatan kepada seseorang, sesuai dengan jabatan dan kedudukannya dalam negara, pemerintah atau masyarakat. Definisi tersebut mempunyai arti bahwa protokol mempunyai peran yang strategis dalam mengatur (manage) suatu kegiatan agar dapat berjalan dengan baik, tertib dan lancar. Protokol sebagai perekat untuk mengatur hubungan pimpinan/organisasi dengan pimpinan/organisasi lainnya atau dengan masyarakat, harus mampu menjabarkan dan menjembatani keinginan berbagai pihak tersebut untuk mencapai suatu tujuan bersama guna terselenggaranya acara dengan baik, lancar dan khidmat. Dalam penyiapan berbagai pelaksanaan kegiatan tersebut, diperlukan kemampuan memahami aturan-aturan keprotokolan dan juga dituntut untuk mampu menjalankan fungsi-fungsi manajemen mulai dari perencanaan (Planning), mengorganisir (organizing), mengarahkan (actuating), pengawasan (contolling) dan evaluasi kegiatan (evaluating). Berkaitan dengan pelaksanaan tugas tersebut, maka petugas protokol di lingkungan Biro Setpim/Humas dituntut memiliki kompetensi dan kapabilitas yang memadai sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki adalah pengetahuan dan kemampuan petugas protokol mengenai ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam keprotokolan dan kebiasaan-kebiasaan yang dapat diterima secara umum.

Setelah mengikuti Pelatihan Keprotokolan ini diharapkan peserta :

  • Memiliki pengetahuan dan wawasan tentang dasar-dasar keprotokolan.
  • Memiliki keterampilan meliputi tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan, sehubungan dengan penghormatan kepada seseorang, sesuai dengan jabatan dan kedudukannya.
  • Memiliki kemampuan dalam menjalankan fungsi-fungsi manajemen keprotokolan mulai dari perencanaan (Planning), mengorganisir (organizing), mengarahkan (actuating), pengawasan (contolling) dan evaluasi kegiatan (evaluating).

Materi pelatihan :

  • Pengertian, ruang lingkup tugas Protokol
  • Protokol acara resmi, semi resmi dan tidak resmi
  • Problem solving dalam tugas protokoler
  • Teknik menyusun, mengonsep dalam menyelenggarakan acara
  • Sosialisasi UU Keprotokolan dan perkembangannya
  • Tata tempat, tata penghormatan dan tata upacara

 

Durasi (hari)
Peserta Minimal
Jadwal Pelatihan
3
3
29 – 31 Januari 2018
26 – 28 Februari 2018
27 – 29 Maret 2018
10 – 12 April 2018
7 – 9 Mei 2018
11 – 13 Juni 2018

Jika memerlukan waktu pelaksanaan pelatihan yang tidak tercantum pada jadwal ini silahkan mengisi form request training