Jaringan Komputer Berbasis Linux

PELATIHAN JARINGAN KOMPUTER TINGKAT MENENGAH DAN LANJUT

Agar jaringan komputer dapat mencapai tujuannya maka setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan. Pihak yang meminta atau menerima layanan disebut klien dan yang memberikan layanan disebut server. Desain ini disebut dengan sistem client-server dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer. Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Linux merupakan pilihan sistem operasi yang baik untuk membangun sebuah server jaringan. Linux menjadi pilihan yang paling populer sebagai sistem server karena memiliki kinerja yang optimal, stabil, tingkat keamanan yang tinggi, dapat bekerja pada platform sistem operasi yang berbeda (Microsoft Windows, Linux, Mac OS, BSD dll), dan merupakan perangkat lunak bebas. Linux juga menyediakan semua layanan yang paling penting pada jaringan dengan biaya rendah.
Program ini bersifat lanjut dan diharapkan peserta telah menguasai dasar-dasar jaringan komputer. Materi pelatihan mempelajari teknis pembuatan sistem server berbasis Linux dengan distro Fedora, CentOS atau Ubuntu untuk tujuan intranet maupun internet. Program ini tebagi dalam dua level yaitu Fundamental Linux dan Advanced Linux.
Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta menguasai konsep dasar server jaringan dengan Linux, dapat membangun sistem server berbasis Linux yang menyediakan berbagai layanan jaringan, mengontrol akses jaringan, mengelola sumber daya di dalamnya, dengan klien Windows atau sistem operasi lain.