Pelatihan Web Design untuk Pemda dan SKPD

LATAR BELAKANG

Website mempunyai fungsi yang bermacam-macam, tergantung dari tujuan dan jenis website yang dibuat. Secara garis besar website dapat berfungsi sebagai media informasi, komunikasi, pendidikan, promosi dan pemasaran. Merujuk pada Undang Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, website Pemerintah Daerah dan SKPD dapat digunakan sebagai media untuk menyebarluaskan informasi publik yang wajib disediakan dan diumumkan oleh badan publik secara berkala, serta dapat diperoleh setiap pemohon informasi publik dengan cepat dan tepat waktu, biaya ringan, dan cara sederhana

Dalam Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government (INPRES No. 3 Tahun 2003), pembuatan website merupakan strategi ke 6. Strategi ini merupakan tingkat pertama dari empat tingkatan dalam tahapan pengembangan e-Government di Indonesia (webpresence, interaction, transaction dan transformation/integration) dengan sasaran agar masyarakat mudah memperoleh akses informasi dan ikut berpartisipasi dalam pengembangan demokrasi menggunakan media internet. Namun dalam pembuatan website Pemerintah Daerah dan SKPD, terdapat kriteria dan ketentuan yang perlu diperhatikan baik oleh pembuat maupun oleh pengelola website. Untuk menyelaraskan sistem pengelolaan website Pemerintah Daerah, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mengeluarkan Panduan Penyelenggaraan Situs Web Pemerintah Daerah dan Peraturan tentang Penggunaan Nama Domain go.id untuk Situs Web Resmi Pemerintah Pusat dan Daerah.

Mengingat pentingnya Pengelolaan Website Pemerintah Daerah dan SKPD yang hingga saat ini masih kurang berjalan dengan optimal, maka sangat diperlukan adanya Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan Website Pemerintah Daerah bagi sumber daya aparatur yang berkompeten dengan Pengelolaan Website Pemerintah Daerah dan SKPD, yang mengacu pada Panduan Penyelenggaraan Situs Web Pemerintah Daerah.

DASAR HUKUM

  1. Instruksi Presiden Nomor 6 tahun 2001 tentang Pengembangan dan Pendayagunaan Telematika di Indonesia
  2. Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003, tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government
  3. Keputusan Menteri Kominfo Nomor 57 Tahun 2003 Tentang Panduan Penyusunan Rencana Induk Pengembangan E-Government Lembaga
  4. Panduan Penyelenggaraan Situs Web Pemerintah Daerah (Depkominfo, 5 Agustus 2003)
  5. Peraturan Menteri Kominfo Nomor 28 Tahun 2006 Tentang Penggunaan Nama Domain go.id Untuk Situs Web Resmi Pemerintah Pusat dan Daerah
  6. Undang Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

MAKSUD DAN TUJUAN

  • Maksud dari Pelatihan Web Design ini adalah untuk mendidik dan melatih SDM Bagian / Biro Humas Sekretariat Kabupaten, Kota dan Provinsi menuju penerapan dan pengembangan e-government.
  • Tujuan dari Pelatihan Web Design ini adalah meningkatkan ketrampilan peserta dalam membuat, mengolah, mengelola, menyalurkan, dan mendistribusikan informasi melalui website.

METODE PELATIHAN

Agar tujuan Pelatihan Web Design ini tercapai secara optimal, maka kami menerapkan metode penyampaian materi sebagai berikut :

  • Ceramah atau presentasi tentang pengetahuan umum internet, ketentuan umum dan konsep pengembangan website dengan proporsi 35%
  • Simulasi, praktek komputer dan diskusi kelas dengan proporsi 65%

PESERTA PELATIHAN

Bagian / Biro Humas dan SKPD Pemerintah Kabupaten, Kota dan Provinsi di Indonesia.

PROGRAM DAN MATERI

Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan Website Pemerintah Daerah dan SKPD yang diselenggarakan oleh Yogya Executive School terdiri dari program-program dan materi sebagai berikut :

1. Manajemen Konten dan Jurnalistik Web

Pelatihan Manajemen Konten dan Jurnalistik Web ini ditujukan bagi staf pengelola konten website dan pejabat struktural yang bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan dan konten website. Materi pelatihan mempelajari ketentuan dan cara pengelolaan website Pemerintah Daerah dan SKPD. Simulasi memanfaatkan sistem jaringan client-server dan menggunakan aplikasi CMS (Didalam pengelolaan situs web pemerintah daerah, penggunaan aplikasi CMS dimaksudkan untuk mempermudah manajemen data, melakukan perubahan konten, pemutakhiran website dan standarisasi konten website – Panduan Penyelenggaraan Situs Web Pemerintah Daerah Kementerian Komunikasi dan Informatika / Depkominfo – 5 Agustus 2003).
Setelah mengikuti pelatihan Manajemen Konten dan Jurnalistik Web ini, diharapkan peserta memahami ketentuan tentang Pembangunan dan Penyelenggaraan Situs Web Pemda dan SKPD, memiliki kemampuan jurnalistik web, menguasai dasar-dasar aplikasi CMS dan dapat memanfaatkan jaringan untuk menyediakan informasi publik yang absah, tepat dan akurat melalui mekanisme kerja dalam Organisasi Manajemen Situs Web Pemerintah Daerah.

Materi Pelatihan

  • Dasar-dasar dan Kode Etik Jurnalistik
  • Jurnalistik Web
  • Penyelenggaraan Situs Web Pemerintah Daerah
  • Apresiasi Content Management System (CMS)
  • Perancangan Konten dan Desain Situs Web Pemerintah Daerah
  • Pembuatan Konten (teks halaman dan berita) dalam Organisasi Manajemen Situs Web Pemerintah Daerah
  • Mengelola Pesan dan Komentar Pengunjung Website

2. Fundamental Web Design
Pelatihan Fundamental Web Design ini ditujukan bagi staf yang diproyeksikan menjadi pengelola website, namun belum memiliki kemampuan dasar-dasar web design. Pelatihan mempelajari konsep dasar desain web, pembuatan desain web menggunakan Dreamweaver, Fireworks dan Flash, serta instalasi dan apresiasi CMS.

Materi Pelatihan

  • Dasar-dasar Desain Web
  • Dreamweaver : Project Site, Layout web dengan Tabel, Template, Link, CSS
  • Fireworks : Pembuatan & Editing Obyek Dasar, Master Image Halaman Web, Slice, GIF Animator
  • Flash : Pembuatan & Editing Obyek Dasar, Animasi, Pembuatan Obyek Simbol, Animasi pada Obyek Simbol, Export Animasi
  • Instalasi & Apresiasi CMS WordPress

3. Intermediate Web Design
Untuk dapat menyampaikan informasi publik dengan baik, diperlukan jenis website dinamis dan interaktif. Dengan website dinamis dan interaktif maka administrator web (admin) setiap saat dapat memperbaharui data dan menulis berita dengan mudah, serta mengelola interaksi atau membalas pesan dari pengunjung website. Pelatihan mempelajari secara teknis pembuatan website dinamis dan interaktif menggunakan aplikasi Content Management System. Pelatihan Intermediate Web Design ini terbagi dalam 2 pilihan, Intermediate 1 Web Design dengan CMS WordPress, dan Intermediate 2 Web Design dengan CMS Joomla!.

Materi Pelatihan

  • Ketentuan Konten dan Desain Situs Web Pemerintah Daerah berdasarkan Panduan Penyelenggaraan Situs Web Pemerintah Daerah
  • Instalasi CMS, Sistem Administrator & Manajemen User
  • Memilih Themes / Templates
  • Homepage dan Navigasi
  • Mendesain Header dan Banner
  • Pengelolaan Data Statis (halaman)
  • Pengelolaan Data Dinamis (berita)
  • Kontak
  • Buku Tamu
  • Link dan Statistik Pengunjung Website

Advanced Web Design
Pelatihan Advanced Web Design ini bersifat pengembangan, ditujukan bagi peserta yang diproyeksikan menjadi Tim Pengelola Utama website yang memiliki tanggung jawab bidang teknis yang mendukung pencapaian tujuan pembuatan website, termasuk spesifikasi persyaratan server, spesifikasi disain situs web secara keseluruhan, pemeliharaan, dan persyaratan keamanan (security).

Materi Pelatihan

  • Mempelajari secara teknis pembuatan desain web profesional pada theme dan template untuk WordPress atau Joomla!.
  • Manajemen web hosting yang terdiri dari pengelolaan server, domain, sub domain, kuota bandwidth dan diskspace menggunakan aplikasi web hosting control panel.

KONTAK dan PENDAFTARAN