Pelatihan Pengembangan SDM tentang Renstra, Renja dan Lakip dari Bagian Perlengkapan Universitas Diponegoro Semarang

January 22, 2015 Pelatihan

Rencana kerja (Renja) merupakan penjabaran operasionalisasi dari dokumen rencana strategis (Renstra) yang telah ditetapkan melalui mekanisme perencanaan pembangunan daerah. Secara khusus, Renja instansi pemerintah merupakan dokumen perencanaan untuk periode 1 (satu) tahun yang memuat kebijakan, program dan kegiatan pembangunan baik yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah daerah maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat. Renja instansi pemerintah menjadi perangkat penting dalam menjelaskan serangkaian tindakan yang bersifat operasional yang perlu dilakukan dalam jangka pendek untuk mencapai tujuan dan arah kebijakan yang telah ditetapkan dalam rencana strategis.

Peserta-Pelatihan-LAKIP

Pelatihan Pengembangan SDM tentang Renstra, Renja dan Lakip telah diikuti oleh Bagian Perlengkapan Universitas Diponegoro Semarang pada tanggal 7 s/d 9 Januari 2015. Pelatihan Renstra, Renja dan Lakip berertujuan memberikan pemahaman terhadap peserta pelatihan mengenai langkah-langkah menyusun Rencana strategis, rencana kerja dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Universitas Diponegoro Semarang mengirimkan tiga orang peserta untuk mengikuti pelatihan Renstra, Renja dan Lakip yang berlangsung di Gedung Yogya Executive School “YES”.

Pelatihan-LAKIP

  • Maksud dari kegiatan ini adalah untuk mendidik dan melatih SDM Bagian Perencanaan Universitas Diponegoro Semarang dalam hal peningkatan kapasitas perencana penyusunan Renstra, Renja dan Lakip Instansi Pemerintah.
  • Sedangkan tujuan pelatihan adalah, setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta :

1. Meningkatkan kualitas proses, kinerja dan keluaran penyusunan rencana pembangunan daerah.

2. Keterpaduan perencanaan strategis jangka panjang, menengah dengan rencana dan penganggaran tahunan.

3. Meningkatkan efektifitas peran, fungsi dan keterlibatan lembaga pemerintah, legislatif (DPRD), dan organisasi masyarakat sipil dalam proses penyusunan rencana pembangunan daerah.

4. Meningkatkan kemampuan daerah melalui proses perencanaan pembangunan untuk memenuhi aspirasi dan kebutuhan masyarakat.

Tags : ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami