Pelatihan Sistem Informasi Rencana Kinerja Tahunan (SIM-RKT)

January 9, 2018 Pelatihan

Pelatihan Sistem Informasi Rencana Kinerja Tahunan (SIM-RKT) Yogya Executive School Januari 2018

Undang-undang No 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah mengamanatkan kepada setiap pemerintah daerah untuk wajib menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), yang memuat rancangan kerangka ekonomi daerah, prioritas pembangunan daerah, rencana kerja dan pendanaannya.

Dalam rangka mengoptimalkan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan dapat berlangsung secara berdaya guna dan berhasil guna, RKPD dijabarkan lagi dalam Rencana Kinerja Tahunan (RKT) yang disusun dengan mencermati perkiraan pencapaian hasil pembangunan pada RKPD Tahun sebelumnya yang disajikan dalam rencana program sesuai dengan tujuan, sasaran, indikator sasaran, urusan, anggaran dan OPD penanggungjawab.

Dengan disusunnya RKT diharapkan indikator kinerja dan target capaian kinerja pemerintah daerah atau OPD dapat terukur dan tercapai, serta sekaligus dapat digunakan sebagai salah satu acuan dalam menyusun dokumen pelaksanaan anggaran.

Pelatihan Sistem Informasi Rencana Kinerja Tahunan yang kami selenggarakan mempelajari sistem penyusunan rencana kinerja tahunan pemerintah daerah dan SKPD/OPD secara elektronik dengan mengunakan aplikasi SIM-RKT.

SIM-RKT adalah aplikasi berbasis web, yang berfungsi untuk merumuskan secara sistematis usulan kegiatan dari tiap sub bidang/bagian pada sebuah OPD dengan berpedoman pada Rencana Strategis (RENSTRA) serta Indikator Kinerja Utama (IKU), yang menghasilkan output utama terdiri dari draf RKA, RKT serta Daftar Program dan Kegiatan Per Urusan.

Aplikasi SIM-RKT kami buat menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan Framework CodeIgniter, Bootstrap dan jQuery. Database menggunakan MySQL dan web design menggunakan HTML. Sesuai dengan karaktiristik aplikasi berbasis web, aplikasi ini multi platform (Windows, Unix atau Linux dll) dan support untuk digunakan secara secara bersama-sama (multi user) dalam suatu jaringan Client-Server. Setiap instansi yang mengikuti pelatihan yang kami selenggarakan akan mendapatkan aplikasi SIM-RKT secara gratis.

Pelatihan Sistem Informasi Rencana Kinerja Tahunan (SIM-RKT) berlangsung selama 3 (tiga) hari dengan materi pelatihan:

  • Apresiasi dan Instalasi SIM-RKT
  • Manajemen Pengguna
  • Rentstra, Tujuan, Sasaran, IKU, Program, Kegiatan dll
  • Usulan
  • Verifikasi
  • Draf RKA dan RKT

Pelatihan Sistem Informasi Rencana Kinerja Tahunan (SIM-RKT) merupakan salah satu program dari Pelatihan Perkantoran Elektronik (E-OFFICE) yang kami selenggarakan.

Informasi lebih lanjut dan pendaftaran online klik di sini

Tags : , ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami