Pelatihan Penyusunan ASB dan SSH terintegrasi SIPD dari BPKAD dan Dinas PUPR Kabupaten Nabire Provinsi Papua Tengah

November 24, 2022 Pelatihan

Pelatihan Pengembangan SDM Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Dinas PUPR Kabupaten Nabire November 2022

Pemberlakuan otonomi daerah mengakibatkan perubahan pola pertanggungjawaban daerah atas pengalokasian dana yang dianggarkan oleh daerah. Otonomi daerah memiliki dampak positif terhadap pengelolaan keuangan daerah karena suatu daerah diberi peluang untuk mengelolaan keuangannya sendiri. Untuk mendukung kegiatan lembaga dan instansi pemerintah diperlukan data-data SSH, SBU, HSPK dan ASB yang merupakan empat data tersebut harus diinput dalam Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD). Dalam pengelolaan keuangan daerah, perlu Analisis Standar Belanja (ASB) sebagai sarana penelitian pokok dalam melakukan penganggaran berbasis kinerja. Analisis Standar Belanja (ASB) merupakan penilaian kewajaran atas biaya dan beban kerja yang digunakan untuk melaksanakan suatu kegiatan pada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kemudian dalam menyusun dokumen pengelolaan keuangan daerah diperlukan standarisasi agar ada keseragaman antara dokumen yang satu dengan yang lainnya. Standar Satuan Harga (SSH) diperlukan dalam penyusunan Rencana Kerja dan Anggara (RKA) Perangkat Daerah.

Pelatihan Penyusunan Analisa Standar Belanja (ASB) dan Standar Satuan Harga (SSH) terintegrasi dengan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) BPKAD & Dinas PUPR Kabupaten Nabire November 2022

Mengingat pentingnya perencanaan dan pengelolaan belanja barang dan jasa daerah, maka pada tanggal 22 s/d 24 November 2022 Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) & Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Nabire Provinsi Papua Tengah menugaskan 10 SDM untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Pengembangan SDM dengan materi Penyusunan Analisa Standar Belanja (ASB) dan Standar Satuan Harga (SSH) terintegrasi dengan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD). Setelah mengikuti kegiatan Pelatihan Penyusunan Analisa Standar Belanja (ASB) dan Standar Satuan Harga (SSH) terintegrasi dengan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) diharapkan menambah wawasan dan keahlian peserta dalam pengelolaan kegiatan perencanaan keuangan daerah dengan lebih baik.

Malam Keakraban peserta Pelatihan Pengembangan SDM dan Teknologi Informasi Yogya Executive School YES

Jika memerlukan Pelatihan Perkantoran Elektronik, Pelatihan Teknologi Informasi dan Pelatihan Pengembangan SDM seperti pada berita diatas atau Materi Pelatihan yang lain silahkan mengisi form request training.

Tags : ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami