MENU

Pelatihan Pengelolaan Data Statistik Sektoral (SIMDATA-INFO)

Pelatihan Sistem Manajemen Data dan Informasi (SIMDATA-INFO) Yogya Executive School (YES Jogja) Januari 2018

Data dan informasi memiliki peran strategis dalam mendukung perencanaan dan evaluasi penyelenggaraan berbagai program pembangunan. Dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional disebutkan bahwa, perencanaan pembangunan didasarkan pada data dan informasi yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. Sedangkan dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, mengamanatkan pada setiap instansi pemerintah untuk meningkatkan pengelolaan statistik sektoral.

Statistik sektoral adalah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi tertentu yang merupakan tugas pokok instansi yang bersangkutan. Manfaat yang akan diperoleh antara lain adalah untuk mengetahui kecendrungan atau trend, untuk menentukan prioritas, sebagai acuan dalam evaluasi dan pengendalian kegiatan, serta untuk memperkirakan antisipasi terhadap resiko dan hambatan yang akan dihadapi dalam pelaksanaan. Dalam menyelenggarakan statistik sektoral, instansi pemerintah dapat menyelenggarakan sendiri dan/atau bekerjasama dengan  Badan Pusat Statistik. Sedangkan untuk memperoleh data dilakukan dengan cara survei, kompilasi produk administrasi, dan cara lain sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Memanfaatkan informasi hasil pengolahan dan analisa data untuk penyusunan program dan/atau evaluasi penyelenggaraan bukanlah hal yang dapat disepelekan. Metode penyajian informasi menjadi hal yang sangat penting agar seluruh data yang telah terdokumentasi dapat menghasilkan informasi yang dapat diakses oleh stakeholder dengan cara yang mudah dan cepat. Salah satu metode penyajian informasi publik yang populer dan berkembang saat ini adalah penyajian informasi melalui media TV layar datar yang ditempatkan pada ruang publik dalam sebuah gedung atau kantor. Metode ini secara umum dapat disebut dengan “Sistem Tampilan Informasi” atau  Information Display System (IDS). Contoh populer penerapan IDS adalah penyajian informasi penerbangan di bandar udara.

Pelatihan Pengelolaan Data Statistik Sektoral yang kami selenggarakan mempelajari pengelolaan dan penyajian data statistik sektoral meggunakan aplikasi SIMDATA-INFO.

SIMDATA-INFO (Sistem Manajemen Data dan Informasi) adalah aplikasi berbasis web yang berfungsi untuk mengelola data statistik sektoral. Yakni menyimpan data, mengolah, dan menyajikan informasi melalui media TV layar datar yang dikenal dengan IDS (Information Display System), serta dapat juga diakses melalui internet. SIMDATA-INFO dapat berfungsi sebagai bank data bagi setiap instansi.

SIMDATA-INFO juga dilengkapi dengan fitur pengumuman, running text dan galeri.

Aplikasi SIMDATA-INFO kami buat menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan Framework CodeIgniter, Bootstrap dan jQuery. Database menggunakan MySQL dan web design menggunakan HTML. Sesuai dengan karaktiristik aplikasi berbasis web, aplikasi ini multi platform (Windows, Unix atau Linux dll) dan support untuk digunakan secara secara bersama-sama (multi user) dalam suatu jaringan Client-Server. Setiap instansi yang mengikuti pelatihan yang kami selenggarakan akan mendapatkan aplikasi SIMDATA-INFO secara gratis.

Pelatihan Pengelolaan Data Statistik Sektoral (SIMDATA-INFO) berlangsung selama 3 (tiga) hari dengan materi pelatihan:

  • Apresiasi dan Instalasi SIMDATA-INFO
  • Manajemen Pengguna
  • Pembuatan Tabel Data
  • Input Data, Import Data dan Grafik
  • Pengumuman, Running Text dan Galeri
  • IDS (Information Display System)

Pelatihan Pengelolaan Data Statistik Sektoral (SIMDATA-INFO) merupakan salah satu program dari Pelatihan Perkantoran Elektronik (EOFFICE) yang kami selenggarakan.

Informasi lebih lanjut dan pendaftaran online klik di sini