Pelatihan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) Elektronik

Pelatihan e-Government Sasaran Kerja Pegawai SIMSKP

Penilaian DP3-PNS yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1979 sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan keadaan dan kebutuhan hukum dalam pembinaan Pegawai Negeri Sipil saat ini. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang perubahan Atas undang-undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian disebutkan bahwa, untuk mewujudkan penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan diperlukan Pegawai Negeri Sipil yang profesional, bertanggung jawab, jujur dan adil melalui pembinaan yang dilaksanakan berdasarkan sistem prestasi kerja dan sistem karier yang dititikberatkan pada sistem prestasi kerja. Selanjutnya untuk lebih menjamin objektivitas dalam mempertimbangkan pengangkatan dalam jabatan dan kenaikan pangkat diadakan penilaian prestasi kerja.

Dengan ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil, dan ditindak lanjuti dengan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 1 Tahun 2013 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil, maka pada tanggal 1 Januari 2014 mulai dilaksanakan Penilaian Prestasi Kerja PNS. Penilaian terdiri atas unsur sasaran kerja pegawai (SKP) dengan bobot nilai 60% dan perilaku kerja (format penilaian pengganti DP3) dengan bobot nilai 40%. Setiap PNS wajib menyusun SKP sebagai rancangan pelaksanaan kegiatan tugas jabatan sesuai dengan rincian tugas, tanggung jawab dan wewenangnya dalam struktur dan tata kerja organisasi dengan mengacu pada Renstra dan Renja. SKP yang telah disusun dan disetujui bersama antara atasan langsung dengan PNS yang bersangkutan ditetapkan sebagai kontrak prestasi kerja. SKP ditetapkan setiap tahun pada bulan Januari dan digunakan sebagai dasar penilaian prestasi kerja, selanjutnya pada akhir tahun SKP tersebut digunakan sebagai standar/ukuran penilaian prestasi kerja. PNS yang tidak menyusun SKP akan dijatuhi hukuman sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai disiplin PNS. Namun dalam prekteknya, pelaksanaan penilaian prestasi kerja PNS pada setiap SKPD terdapat banyak kendala yang beragam.

Dengan adanya reformasi di segala bidang serta pesatnya kemajuan teknologi informasi telah melahirkan perubahan tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dalam rangka mewujudkan kepemerintahan yang baik (good governance), pemanfaatan teknologi informasi tidak dapat dihindarkan lagi. Pengelolaan SKP yang baik, dalam lingkup kecil akan mendorong peningkatan prestasi kerja pegawai dalam lingkup yang lebih besar, dan akan membawa perbaikan kinerja organisasi secara keseluruhan. Untuk memudahkan penyusunan SKP, persetujuan, banding, penilaian serta monitoring dan evaluasi maka diperlukan sebuah instrumen berupa sistem yang baik, cepat, akurat dan dapat diandalkan. Instrumen tersebut adalah aplikasi Sistem Informasi Manajemen Sasaran Kerja Pegawai (SIM-SKP) berbasis web yang dilengkapi fitur pengarsipan dokumen secara elektronik. Oleh karena itu, Pelatihan SKP Elektronik berbasis aplikasi SIM-SKP bagi setiap SKPD sangatlah diperlukan dan mendesak untuk dilaksanakan.

Software e-SKP dibuat/dikembangkan oleh CV. Media Multi Karyatama dan didistribusikan secara gratis pada Pelatihan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) Elektronik yang diselenggarakan YOGYA EXECUTIVE SCHOOL “YES”

Materi Pelatihan

  1. Pengantar Aplikasi e-SKP
  2. Instalasi Aplikasi e-SKP
  3. Manajemen dan Pengoperasian Aplikasi e-SKP

 

Durasi (hari)
Peserta Minimal
Jadwal Pelatihan
3
4
4 – 6 Juli 2017
1 – 3 Agustus 2017
5 – 7 September 2017
3 – 5 Oktober 2017
7 – 9 November 2017
5 – 7 Desember 2017

Jika memerlukan waktu pelaksanaan pelatihan yang tidak tercantum pada jadwal ini silahkan mengisi form request training