Pelatihan Berbasis Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Penjagaan Pegawai (SIMJAGA)

June 27, 2014 Pelatihan

Menu Login Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Penjagaan Pegawai (SIMJAGA)

Menu Login Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Penjagaan Pegawai (SIMJAGA)

Mengingat pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dalam penyelenggaraan sistem pelayanan kepegawaian yang efektif dan efisien, berkaitan dengan hal tersebut Yogya Executive School “YES” mengadakan Pelatihan Layanan Penjagaan Kepegawaian Elektronik yang akan diselenggarakan pada Periode Juli 2014 Pada pelatihan ini kami menyertakan software SIMJAGA, yaitu aplikasi Layanan Penjagaan Kepegawaian berbasis web yang dapat digunakan secara individu maupun secara bersama-sama dalam sebuah jaringan intranet dan internet.

Sistem Informasi Manajemen Penjagaan Pegawai (SIMJAGA) adalah aplikasi penjagaan kepegawaian yang berfungsi untuk melakukan penjagaan terhadap proses kenaikan pangkat reguler, kenaikan gaji berkala (KGB), pensiun, serta pengarsipannya. Keunggulan aplikasi ini yaitu memastikan bahwa proses ketiga pelayanan kepegawaian tersebut berjalan dengan baik, sehingga pegawai secara individual tidak perlu mengajukan permintaan terhadap pelayanan tersebut, tetapi telah terdeteksi secara otomatis oleh sistem dan bagian kepegawaian dapat langsung memproses jika syarat-syarat administrasi telah terpenuhi.

 FITUR-FITUR SIMJAGA

Pengaturan

Pengaturan Operator

Pengaturan operator digunakan untuk melakukan manajemen pengguna yang akan mengakses aplikasi ini. Operator dipilih atas pegawai yang telah terdaftar di dalam aplikasi. Sehingga apabila ingin menambahkan operator, pastikan data calon operator telah terdaftar pada Data Pegawai.

Pengaturan Kewenangan

Salah satu fitur unggulan dalam aplikasi ini adalah kewenangan yang dapat diatur sesuai dengan keperluan penggunaan dan disimpan dalam satu skema kewenangan. Tiap skema kewenangan mewakili fitur apa saja yang dapat diakses oleh operator yang dipasangkan dengan kewenangan tersebut.

 Referensi

Referensi adalah fitur di aplikasi ini di mana seluruh data dasar dimasukkan sebelum aplikasi siap digunakan. Referensi dibagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu referensi Ruang, Lemari, dan Rak sebagai referensi untuk kepentingan pengarsipan elektronik, Referensi Unit Kerja, Sub Unit Kerja, dan Bidang sebagai referensi mutasi / posisi pegawai di lingkup kerjanya, dan Referensi Bidang, Golongan, Eselon, Jabatan, dan Gaji sebagai Referensi yang melekat pada keriwayatan pegawai. Daftar Referensi pada aplikasi ini antara lain :

  1. Referensi Ruang, Lemari, dan Rak
  2. Referensi Unit Kerja
  3. Referensi Sub Unit Kerja
  4. Referensi Bidang
  5. Referensi Golongan
  6. Referensi Eselon
  7. Referensi Jabatan
  8. Referensi Gaji

Kepegawaian

Data Pegawai

Fitur ini adalah manajemen data dasar pegawai. Data yang diinputkan antara lain, NIP, Nama, Gelar, Tempat Tanggal Lahir, serta data SK CPNS antara lain No SK CPNS, tanggal SK CPNS, TMT CPNS, dan pengarsipannya berupa berkas yang diunggah melalui fitur pengarsipan berkas elektronik.

Kepangkatan

Fitur ini adalah manajemen riwayat kepangkatan pegawai yaitu SK riwayat kenaikan Golru/Pangkat pegawai. Data yang diinputkan antara lain TMT SK Kenaikan Pangkat dan TMT Kenaikan Pangkat, kemudian pengarsipannya berupa berkas SK Kenaikan Pangkat yang diunggah melalui fitur ini.

Kenaikan Gaji Berkala

Fitur ini adalah manajemen riwayat kenaikan gaji berkala pegawai yaitu SK riwayat KGB pegawai. Data yang diinputkan antara lain TMT SK KGB dan TMT KGB, kemudian pengarsipannya berupa berkas SK KGB  yang diunggah melalui fitur ini.

Jabatan

Fitur ini adalah manajemen riwayat jabatan dan mutasi pegawai yaitu SK mutasi atau perpindahan jabatan pegawai. Data yang diinputkan antara lain tanggal mulai jabatan dan selesai jabatan, jabatan yang diemban dan posisi mutasi pegawai, dan pengarsipannya berupa berkas SK Mutasi / Pindah Jabatan yang diunggah melalui fitur ini.

Penjagaan

Fitur unggulan dalam aplikasi ini adalah fitur penjagaan yang terdiri atas :

Penjagaan Kenaikan Pangkat

Yaitu fitur untuk melakukan penjagaan terhadap proses kenaikan pangkat pegawai reguler, yaitu pegawai dengan kenaikan pangkat per 4 tahun. Sehingga dengan penjagaan ini, diharapkan tidak ada pegawai yang terlewat waktu proses kenaikan pangkatnya.

Penjagaan Kenaikan Gaji Berkala (KGB)

Yaitu fitur untuk melakukan penjagaan terhadap proses kenaikan gaji berkala pegawai reguler, yaitu pegawai dengan KGB per 2 tahun berkala dari TMT KGB terakhir. Sehingga dengan penjagaan ini, diharapkan tidak ada pegawai yang terlewat waktu proses KGBnya.

Penjagaan Pensiun

Yaitu fitur untuk melakukan penjagaan terhadap pensiunpegawai. Sehingga dengan penjagaan ini, dapat dilakukan monitoring pegawai yang akan atau jatuh tempo masa pensiun.

Fitur lain dari penjagaan ini adalah, untuk pilihan waktu sekarang, proses kenaikan pangkat dan KGB dapat dilakukan melalui tombol pintas proses dari penjagaan, serta cetak dan ekspor yang dapat dilakukan langsung dari daftar penjagaan yang muncul.

Untuk demo aplikasi secara online, dapat diakses di:

INFORMASI dan PENDAFTARAN

Tags : , , , ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami