Pelatihan Program Planning Anggaran, Database Management System dan Teknisi Komputer

August 24, 2014 Implementasi TI, Pelatihan

Pelatihan Program Planning AnggaranKementerian Perdagangan, Perindustrian & Lingkungan Hidup Timor Leste mengirimkan 3 staf untuk mengikuti pelatihan di YES Jogja dengan materi khusus yaitu Perencanaan Anggaran Kegiatan, Implementasi Database dan Teknisi Komputer. Pelatihan Perencanaan Anggaran Kegiatan, Implementasi Database dan Teknisi Komputer berlangsung mulai tgl 13 Agustus 2014 s/d 03 September 2014.
Pelatihan Perencanaan Anggaran Kegiatan dipandang penting oleh Kementerian Perdagangan, Perindustrian & Lingkungan Hidup Timor Leste, karena Perencanaan Anggaran merupakan managerial plan for action untuk memfasilitasi tercapainya tujuan organisasi. Dan Perencanaan Anggaran juga sangat berkaitan dengan sektor publik yang selalu memerlukan dan mementingkan transparasi dan akuntabilitas. Untuk itu diperlukan materi khusus dalam pelatihan Perencanaan Anggaran Kegiatan ini, yaitu Penganggaran sektor publik terkait dengan proses penentuan jumlah alokasi dana untuk tiap-tiap program dan aktivitas dalam satuan moneter, kemudian Aspek-aspek yang harus tercakup dalam anggaran sektor publik yang meliputi :
1. Aspek perencanaan,
2. Aspek pengendalian, dan
3. Aspek akuntabilitas publik
Dan semua kegiatan tersebut harus diawasi mulai tahap perencanaan, pelaksanaan, serta pelaporan dan akan lebih efektif jika diawasi oleh lembaga pengawas khusus (oversight body).

Pelatihan Database Management System

Agar Perencanaan Anggaran Kegiatan bisa berjalan dengan cepat dan terdokumentasi dengan baik maka diperlukan suatu sistem basis data  (database) yang lengkap dan dapat dengan cepat mencari data yang diperlukan. Basis data (Database) adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer dan serta dapat diolah menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi yang diperlukan. Dan basis data (Database) memiliki aspek yang  penting dalam suatu sistem informasi karena basis data (Database) merupakan gudang atau tempat penyimpanan data yang nantinya akan diolah lebih lanjut sebagai data pendukung dalam pelaporan, penyajian informasi, dll . Proses penyimpanan atau input dan mengambil data dari media penyimpanan data memerlukan perangkat lunak yang sering disebut dengan sistem manajemen basis data (Database Management System) DBMS.

Dan (Database Management System) DBMS dapat dengan cepat mengolah dan mengelola pendefinisian data serta memberikan layanan permintaan  untuk pengaksesan data, memeriksa sekuriti dan integritas data yang didefinisikan dan dikelola oleh DBA (Database Administrator), diperlukan suatu sistem hardware komputer yang dapat menjalankan (Database Management System) DBMS dengan baik dan lancar serta adanya operator yang mampu membangun suatu Sistem komputer dengan (Database Management System) DBMS serta memelihara agar sistem komputer tersebut dapat selalu lancar beroperasi tanpa halangan atau kendala yang berarti operator tersebut memiliki kemampuan sebagai Teknisi Komputer.

Pelatihan Teknisi Komputer

Teknisi Komputer adalah salahsatu keahlian (skill) yang sangat diperlukan di dunia Teknologi Informasi. Seorang  Teknisi Komputer diharapkan dapat membangun, memelihara dan dapat mengatasi kendala-kendala yang ada dalam suatu sistem komputer baik perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Kemampuan seorang  Teknisi Komputerini antara lain adalah mengetahui komponen-komponen Komputer, dapat  Merakit komputer,serta mencari ata menelusuri masalah-masalah dalam sistem perangkat keras (hardware) komputer. Kemudian instalasi Sistem Operasi dan  aplikasi-aplikasi yang diperlukan. Dan yang tak kalah pentingnya adalah mampu menangani virus dan masalah-masalah perangkat lunak (software) dan membuat backup serta me-recovery data yang ada didalam sistem komputer tersebut.

 

Tags : , ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami