BKD Kota Singkawang mengikuti Pelatihan Layanan Penjagaan Kepegawaian Elektronik (SIMJAGA)

September 1, 2014 Implementasi TI, Pelatihan

Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Penjagaan Pegawai

Berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2000 tentang Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Departemen Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah, bahwa dalam rangka pelaksanaan Pasal 34 ayat (2) Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-pokok Kepegawaian, perlu diselenggarakan dan dipelihara menggunakan sistem informasi secara cepat dan akurat, agar dapat mengurangi beberapa kelemahan di dalam pengelolaan administrasi pemerintahan, sehingga  tidak selalu terjadi adanya data-data dan dokumen (arsip) kepegawaian yang belum terkelola dengan baik. Untuk itu salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung penyelenggaraan pelayanan administrasi pemerintahan yang efektif dan efisien. Beberapa kelemahan di dalam pengelolaan administrasi pemerintahan dapat diberikan contoh yaitu pelayanan Kenaikan Pangkat, Kenaikan Gaji Berkala (KGB) dan Pensiun. Sehingga pelayanan kepegawaian kurang dapat  berjalan dengan baik dalam memenuhi hak-hak pegawai. Hal ini menyebabkan Kenaikan Gaji Berkala (KGB), Kenaikan Pangkat dan Pensiun tidak dapat atau sulit terdeteksi secara dini.

Kami menganggap ada tiga hal penting dalam kegiatan kepegawaian yaitu pelayanan Kenaikan Pangkat, Kenaikan Gaji Berkala (KGB) dan Pensiun di beberapa pemerintah daerah masih banyak terdapat kendala, berupa data-data dan dokumen (arsip) kepegawaian yang belum terkelola dengan baik.

Sehingga kami anggap perlu membuat sistem khusus untuk menangani pelayanan Kenaikan Pangkat, Kenaikan Gaji Berkala (KGB) dan Pensiun yang disebut dengan Sistem Informasi Layanan Penjagaan Kepegawaian Elektronik atau disingkat dengan nama SIMJAGA.

Pelatihan SIMJAGA

Sistem Informasi Manajemen Penjagaan Pegawai (SIMJAGA) adalah  sebuah aplikasi khusus penjagaan kepegawaian dengan fungsi untuk melakukan penjagaan terhadap proses kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala (KGB), pensiun, serta pengarsiapannya. Keunggulan aplikasi ini yaitu memastikan bahwa proses ketiga pelayanan kepegawaian tersebut berjalan dengan baik, sehingga pegawai secara individual tidak perlu mengajukan permintaan terhadap pelayanan tersebut, tetapi telah terdeteksi secara otomatis oleh sistem dan bagian kepegawaian dapat langsung memproses jika syarat-syarat administrasi telah terpenuhi.

Pelatihan Sistem Informasi Manajemen

Karena Sistem Informasi Manajemen Penjagaan Pegawai (SIMJAGA) dianggap aplikasi yang baik dan penting, maka BKD Kota Singkawang mengirimkan 3 orang staf untuk mengikuti Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Penjagaan Pegawai (SIMJAGA) selama 3 hari, mulai tanggal 28 Agustus s/d 30 Agustus 2014.

 

 

Tags : , ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami