Pelatihan Logistic Management dari Kementerian Solidaritas & Sosial Timor Leste

November 3, 2014 Pelatihan

Pelatihan Logistic Management di YES Jogja

Manajemen logistik (Logistic Management) merupakan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan terhadap pengelolaan logistik guna mendukung efektivitas dan efisiensi dalam upaya pencapaian tujuan organisasi. Sehingga penyelenggaraan logistik akan selalu berkaitan dengan banyak proses, dan di dalamnya akan melibatkan orang-orang/badan yang harus melakukan kegiatan/usaha secara efektif dan efisien selama jangka waktu tertentu agar tercapai suatu sasaran yang ditetapkan, dengan demikian maka misi ini tidak dapat direalisasikan jika tidak diterapkannya fungsi-fungsi manajemen dalam penyelenggaraan logistik. Tujuan utama dari manajemen logistik adalah untuk mengembangkan operasi yang terpadu. Manajemen kegiatan logistik individual seringkali di bawah pengarahan dan pengawasan dari berbagai departemen dalam suatu perusahaan. Manajemen logistik terdiri dari siklus fungsi-fungsi logistik dimulai dariperencanaan kebutuhan dan penganggaran, pengadaan, penggunaan atau pemanfaatan, pengamanan dan pemeliharaan, penilaian, penghapusan, pemindahtanganan. penatausahaan, pembinaan, pengawasan dan pengendalian. Dan kegiatan ini  wajib dilaksanakan secara berkesinambungan dengan tujuan agar dukungan logistik dapat berjalan efektif dan efisien. Sehingga Manajemen logistik merupakan salah satu fungsi yang akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi suatu institusi atau organisasi tersebut.

Jadi tujuan utama dari manajemen logistik adalah mengembangkan operasi yang terpadu. Dimana manajemen kegiatan logistik individual seringkali di bawah pengarahan dan pengawasan dari berbagai departemen dalam suatu perusahaan. Bila dilihat dari siklus fungsi-fungsi logistik maka tahap pertama fungsi logistik adalah rencana kebutuhan logistik. Tahap berikutnya yakni tahap kedua adalah semua kegiatan  menyediakan barang-barang logistik untuk menunjang pelaksanan tugas seluruh organisasi.  Pelaksanaan suatu rencana logistik yang telah direvisi itu biasanya menyangkut modifikasi prosedur operating dan atau perubahan besar dalam jaringan kerja sistem yang ada. Bergantung pada situasi perencanaannya, banyak sekali pengumpulan dan analisa data yang mungkin diperlukan untuk menyelesaikan suatu rencana kegiatan.

Peserta Pelatihan Logistic Management

Karena Manajemen logistik (Logistic Management) merupakan aktivitas yang sangat penting dalam sebuah institusi atau organisasi. Dan fungsi logistic tidak lagi dipandang sebagai supporting dalam operasional suatu institusi atau organisasi, maka pada tanggal 27 Oktober s/d 7 Nopember salah satu dari 4 peserta pelatihan yang datang dari Kementerian Solidaritas & Sosial Timor Leste mengikuti Pelatihan Logistic Management yang bertujuan agar nantinya dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi institusi tersebut dalam merencanakan suatu kegiatan.

 

 

 

 

 

 

 

Tags : ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami