Pelatihan Penulisan Jurnalistik dari Dinas Kebersihan, Pertamanan & Pemakaman Kabupaten Bintan

June 27, 2015 Pelatihan

IMG_6137

Jurnalistik merupakan salah satu aspek terpenting dalam keberhasilan penyampaian sebuah informasi atau berita kepada publik. Dan jurnalistik adalah proses pembuatan informasi atau berita (news processing) dan penyebarluasannya melalui media massa. Oleh karena itu dalam penulisan jurnalistik, penulis harus mengerti proses penyampaian pesan, gagasan, pemikiran, atau informasi kepada orang lain dengan maksud memberitahu, mempengaruhi, dan atau memberikan kejelasan. Bagi intitusi pemerintah, memiliki sdm dengan keahlian penulisan jurnalistik sangat penting karena nantinya dapat mendukung kegiatan kehumasan institusi seperti mampu menulis siaran pers, advertorial, newsletter, atau majalah internal. Sehingga SDM yang bertugas di bidang kehumasan perlu dibekali  pendidikan dan pelatihan dalam bidang jurnalistik. Paling tidak, beberapa materi yang perlu dikuasai di antaranya adalah teknik reportase dan penulisan berita, kiat menulis artikel dan feature, teknik wawancara, bahasa jurnalistik, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan jurnalistik atau kemampuan menulis.

IMG_6101

Karena petingnya kemampuan penulisan Jurnalistik untuk kegiatan kehumasan maka pada tanggal 24/sd 26 Juni, Dinas Kebersihan, Pertamanan & Pemakaman Kabupaten Bintan mengirimkan 2 sdm terpilih yaitu Ibu Ryna Tambunan, S.T., M.Eng dan Bapak Maman Subandi untuk mengikuti Pelatihan Penulisan Jurnalistik. Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta :

  1. Memiliki pengetahuan dasar-dasar jurnalistik, sehingga mampu membedakan dan menulis, press release, artikel, feature, laporan maupun naskah wawancara. Pengetahuan ini diperlukan baik oleh penulis dan kontributor dari berbagai unit kerja yang ikut berpartisipasi dalam menulis di media internal, apalagi oleh para anggota tim-redaksi dan staf kehumasan.
  2. Memahami perbedaan karakter diantara berbagai jenis naskah jurnalistik sehingga tidak “campur aduk”.
  3. Mampu mengemas naskah-naskah biasa menjadi naskah jurnalistik yang layak untuk diterbitkan dan menarik untuk dibaca.

Pelatihan Penulisan Naskah Jurnalistik

 

Tags : , ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami