Pelatihan Pemeliharaan Jaringan Fiber Optik dengan OTDR – Pusdiklat Migas Cepu

March 26, 2016 Pelatihan

Pelatihan Pemeliharaan Jaringan fiber Optik dengan OTDR

Kemajuan teknologi informasi merupakan salah satu perkembangan peradaban dunia, yang menyebabkan terjadinya perubahan pola kehidupan masyarakat di berbagai bidang. Perubahan-perubahan yang terjadi ini memicu pula terjadinya perubahan dalam sistem penyelenggaraan pelayanan publik. Saat ini dengan adanya pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pemerintahan (e-government) akan akan meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan sesuai dengan INPRES No. 3 Tahun 2003. Pemanfaatan Teknologi Informasi ini menyebabkan diperlukannya pembangunan dan pengelolaan infrastruktur Teknologi informasi, diantaranya adalah Jaringan komputer serta server sebagai pusat sistem pengolahan data mulai dari pengumpulan, penyimpanan, dan pengelolaan.

Pemanfaatan teknologi informasi khususnya dalam pengelolaan data ini memerlukan media penghubung dalam jaringan komputer yang dapat mentransmisikan data dengan cepat serta berukuran besar. Dan Teknologi yang tepat saat ini adalah menggunakan kabel fiber optik. Kabel fiber optik mulai banyak digunakan karena memiliki kemampuan transfer data yang lebih besar, serta jangkauan kabel yang cukup jauh.

Pelatihan Teknis Pemeliharaan Jaringan Fiber Optik

Dan untuk mempertahankan kemampuan jaringan fiber optic dibutuhkan perawatan perangkat jaringan fiber optik secara rutin guna mendapatkan hasil yang lebih baik lagi dalam proses distribusi dan trasmisi data. Maksud diadakannya pemeliharaan jaringan akses disini adalah untuk menjaga kondisi jaringan selalu dalam keadaan baik kualitasnya. Sedangkan bagi jaringan yang belum digunakan atau masih kosong perlu diperhatikan agar bila terjadi kerusakaan dapat segera diketahui. Dengan dilakukannya pemeliharaan jaringan secara berkala diharapkan kondisi dari jaringan tersebut dalam keadaan baik. Perawatan jaringan fiber optic sendiri meliputi perawatan rutin harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Hal ini dilalukan untuk terus mendapatkan kinerja terbaik dalam jaringan fiber optik. Salah satu cara pemeliharaan jaringan fiber optik adalah menggunakan Optical Time Domain Reflektometer (OTDR) dan Power Meter. Kedua alat ukur tersebut digunakan untuk pengukuran berkala yang dilakukan pada jaringan fiber optik dengan tujuan, mendeteksi peningkatan loss kabel serat optik serta kerusakan fiber optik.

Mengingat pentingnya pemeliharaan jaringan Fiber optik, maka pada tanggal 21 s/d 24 Maret 2016 Pusdiklat Migas Cepu mengirimkan 2 sdm yang berkompeten, untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Pemeliharaan Jaringan Fiber Optik dengan Optical Time Domain Reflektometer (OTDR).

Malam Keakraban Pelatihan Pemeliharaan jaringan Fiber Optik dengan OTDR Pusdiklat Migas Cepu

Malam Keakraban Pelatihan Pemeliharaan Jaringan Fiber Optik dengan OTDR – Pusdiklat Migas Cepu

 

Jika memerlukan Pelatihan seperti pada berita diatas atau Materi Pelatihan yang lain silahkan mengisi form request training

Tags : , ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami