Pelatihan Teknologi Informasi Kearsipan Elektronik (e-Filing) – Dinas Energi Dan Sumber Daya Mineral Provinsi Papua

September 2, 2016 Implementasi TI, Pelatihan

Pelatihan Kearsipan Elektronik (e - Filing)

Kegiatan pengarsipan dokumen, surat, nota, atau memo dinas adalah salah satu jenis pekerjaan administrasi perkantoran. Dan pengarsipan atau pengelolaan arsip merupakan pekerjaan rutin, yang akan memerlukan effort yang semakin besar apabila didalam pengelolaanya menggunakan cara konvensional, yaitu masih banyak menggunakan dokumen bentuk fisik, kertas atau hard copy. Sehingga untuk mendukung kelancaran serta efektifitas sistem kerja pada sebuah organisasi baik dilingkungan lembaga pemerintah/swasta, maka diperlukan pengelolaan arsip dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, yang juga diprogramkan oleh pemerintah dengan adanya Undang-Undang No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan yang disebutkan, bahwa dalam rangka pemeliharaan arsip dinamis dapat dilaksanakan dalam bentuk dan media apapun sesuai kemajuan teknologi informasi dan komunikasi berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sehingga pemanfaatan pengarsipan dokumen secara elektronik oleh setiap lembaga pemerintah/swasta merupakan salah satu jawaban untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan dokumen sebagai sumber daya informasi yang berharga. Karena dokumen elektronik lebih mudah diakses dan ditelusuri isi dan riwayatnya, suatu hal yang sebelumnya sulit dilakukan pada dokumen kertas. Jadi dengan dokumen elektronik memungkinkan pembagian informasi yang efektif, serta dapat memberikan kontribusi pada penyebarluasan informasi.

Pelatihan Komputerisasi Kearsipan

Dan mengingat pentingnya pengelolaan dokumen bagi lembaga pemerintah maka pada tanggal 28 s/d 31 Agustus 2016 Dinas Energi Dan Sumber Daya Mineral Provinsi Papua mengirimkan sdm yang berkompeten pada pengelolaan arsip untuk mengikuti Pelatihan Komputerisasi Kearsipan Elektronik (e-Filing). Didalam Pelatihan Komputerisasi Kearsipan ini, peserta mempelajari pengelolaan arsip secara elektronik menggunakan aplikasi e-Filing. Dengan aplikasi ini maka penyimpanan, pencarian kembali dan pencetakan dokumen arsip dapat dilakukan dengan mudah. Aplikasi e-Filing adalah aplikasi kearsipan elektronik berbasis web yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL.

Dan Lembaga Pemerintah/Swasta yang telah mengikuti Pelatihan Komputerisasi Kearsipan Elektronik (e-Filing) diantaranya adalah :

  • SMK Negeri Manokwari
  • Kementrian Sosial Republik Demokratik Timor Leste
  • Yayasan Patra Dharma Mandiri Balikpapan
  • Sekretariat Daerah Kabupaten Boven Digoel
  • PT. Pelindo I Medan
  • Dinas Kehutanan Tahura Sultan Adam Provinsi Kalimantan Selatan
  • Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Karawang

 

Bila memerlukan Pelatihan seperti pada berita diatas atau Materi Pelatihan yang lain silahkan mengisi form request training

 

Tags : , ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami