Pelatihan Pengembangan SDM – Modern Office Administration dari Ministry of Justice (MoJ) Republic Democratic Timor Leste

September 26, 2016 Pelatihan

 pelatihan-pengembangan-sdm-ministry-of-justice-moj-republic-democratic-timor-leste
Administrasi dalam arti luas adalah kegiatan kerjasama yang dilakukan sekelompok orang berdasarkan pembagian kerja sebagaimana ditentukan dalam struktur organisasi dengan mendaya gunakan berbagai sumber daya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Sehingga administrasi dalam arti luas memiliki unsur-unsur : sekelompok orang bekerjasama, dengan pembagian tugas secara terstruktur, memiliki kegiatan yang berurutan dan terencana dalam proses  serta tujuan yang akan dicapai, dengan memanfaatkan berbagai sumber.

Dan selama ini administrasi hanya dipandang sebagai kegiatan tulis menulis belaka. Pandangan orang demikian ini tentu bukan tidak beralasan. Karena secara phisik kegiatan admninistasi memang banyak didominasi dalam kegiatan tulis menulis, baik menggunakan tangan, alat tulis, mesin ketik atau komputer. Padahal banyak teori yang mengatakan kegiatan administrasi lebih dari pada itu. Bahkan ada yang lebih keterlaluan lagi bahwa administrasi hanya dipandang sebagai kegiatan pendukung saja dalam melengkapai kegiatan yang ada di lapangan.

pelatihan-pengembangan-sdm-administrasi-perkantoran-modern

Kegiatan administrasi atau tulis-menulis, lebih dikenal dengan ketata usahaan di dalam sebuah lembaga, dapat memiliki out put yang sangat penting jika terkait dengan berbagai bidang, baik hukum, sosial maupun ekonomi dan lain-lain, sehingga saat ini kegiatan administrasi tidak bisa dipandang kurang penting fungsinya. Apalagi jika hasil administrasi berupa dokumen penting seperti ijazah, sertifikat dan surat-surat penting lainnya yang akan memiliki nilai tinggi di mata hukum, dengan akurasi isi yang dijamin benar. Oleh karena itu keakuratan dan kebenaran data administrasi menunutut kejujuran dan kedisiplinan bagi pelaksana maupun pengelolanya, karena produk administrasi yang seperti ini biasanya digunakan untuk memperkuat bukti-bukti hukum.
pelatihan-modern-office-administration-dari-ministry-of-justice-moj-republic-democratic-timor-leste

Dan dengan perkembangan jaman yang semakin pesat di era globalisasi seperti saat ini, mendorong aktifitas kantor untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi yang terbaru. Manajemen kantor dituntut untuk tidak saja memberikan pelayanan yang dibutuhkan tetapi mengambil inisiatif agar pekerjaan dapat diselesaikan tepat waku, tepat sasaran dan efisien. Aktivitas administrasi perkantoran modern tidak dapat lepas dari dukungan administrasi yang computerized. Sehingga untuk mendukung kelancaran pekerjaan administrasi tersebut, sistem komputerisasi digunakan sebagai pendukung layanan bagi pengguna akhir administrasi (end-user administration) untuk proses presentasi, administrasi surat-menyurat, penghitungan perencanaan dan pengelolaan administrasi serta pengelolaan database.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah harus didukung oleh sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dari lembaga-lembaga pemerintah yang ada. Kompetensi menjadi satu karakteristik yang mendasari individu atau seseorang guna mencapai kinerja tinggi dalam pekerjaannya. Karakteristik itu muncul dalam bentuk pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan perilaku (attitude) untuk menciptakan sumber daya manusia yang memiliki semangat pengabdian yang tinggi dalam melayani masyarakat yang selalu bertindak efisien, rasional, transparan, dan akuntabel.

pelatihan-komputerisasi-kearsipan-elektronik-di-administrasi-perkantoran-modern

Dan dengan adanya konsep pemerintahan yang terus berkembang sejalan dengan perkembangan kebudayaan dan peradaban manusia. Maka di dalam perkembangan penyelanggaraan pemerintahan saat ini,  di kembangkan suatu bingkai baru penyelenggaraan pemerintahan yang di sebut dengan good governance. Good gavernance adalah tata pemerintahan yang baik, dalam standar proses maupun hasil-hasilnya, dan semua unsur pemerintahan harus bisa bergerak secara sinergis, tidak saling berbenturan, serta memperoleh dukungan dari rakyat dan terlepas dari gerakan-gerakan yang dapat menghambat proses pembangunan. Sehingga dapat dikategorikan sebagai pemerintahan yang baik, jika pembangunan itu dapat dilakukan dengan biaya yang minimal menuju cita-cita kesejahteraan dan kemakmuran.

Mengingat pentingnya tata kelola Adminitrasi Perkantoran yang tepat, efektif dan efisien maka Ministry of Justice (MoJ) Republic Democratic Timor Leste mengirimkan 4 SDM terpilih untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Adminitrasi Perkantoran Moderen di Yogya Executive School “YES” pada tanggal 19 s/d 23 September 2016.
Acara Malam Keakraban peserta Pelatihan Pengembangan SDM dan Teknologi Informasi Yogya Executive School "YES"

Acara Malam Keakraban peserta Pelatihan Pengembangan SDM dan Teknologi Informasi Yogya Executive School “YES”

Guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi didalam pengelolaan dokumen sebagai sumber daya informasi serta pemanfaatan teknologi informasi di dalam kegiatan kearsipan sebagai salah satu upaya implementasi e-Government

 

Jika memerlukan Pelatihan seperti pada berita diatas atau Materi Pelatihan yang lain silahkan mengisi form request training

Tags : , ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami