Pelatihan Teknologi Informasi – Komputerisasi Kearsipan Elektronik (e-Filing) dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (DISHUBKOMINFO) Kabupaten Mimika

September 26, 2016 Implementasi TI, Pelatihan

pelatihan-teknologi-informasi-komputerisasi-kearsipan-elektronik-e-filing

Administrasi merupakan kegiatan operasional rutin yang dilakukan oleh setiap personil dalam sebuah lembaga. Dan di dalam kegiatan administrasi terdapat lalu lintas dokumen antar unit kerja yang secara bertahap dapat berkembang menjadi sangat besar, kondisi ini akan memerlukan effort yang semakin besar dalam pengelolaanya. Hal ini akan terjadi apabila lembaga masih menyimpan dokumen secara konvensional dalam bentuk fisik, kertas atau hard copy. Dan untuk mengatasi kesulitan-kesulitan pengelolaan dokumen secara konvensional, dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung tata kelola administrasi di bidang pengarsipan, yaitu dengan  memanfaatkan pengarsipan dokumen secara elektronik dalam rangka pemeliharaan arsip dinamis yang dapat dilaksanakan dalam bentuk dan media apapun sesuai kemajuan teknologi informasi dan komunikasi berdasarkan Undang-Undang No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

pelatihan-teknologi-informasi-dishubkominfo-kabupaten-mimika

Dengan memanfaatkan dokumen elektronik maka arsip akan mudah dibuka serta ditelusuri isi dan riwayatnya akan memungkinkan pembagian informasi yang efektif dan efisien, serta dapat memberikan kontribusi pada penyebarluasan informasi. Sehingga akan mendapatkan manfaat yang maksimal, antara lain :

  • Pengumpulan informasi yang lebih baik, konsisten dan mudahnya pencarian kembali;
  • Memudahkan penggunaan dokumen secara bersama antar unit dalam lembaga Instansi Pemerintah;
  • Memudahkan penyusunan informasi lembaga secara terstruktur;
  • Memudahkan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan akurat;
  • Meningkatkan kualitas layanan publik;
  • Lebih responsif pada perubahan.

pelatihan-komputerisasi-kearsipan-elektronik-e-filing

Mengingat pentingnya perubahan tata cara pengelolaan arsip lembaga dan juga sebagai salah satu upaya implementasi e-Government di bidang pengarsipan dokumen elektronik, maka pada tanggal 22 s/d 24 September 2016 Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (DISHUBKOMINFO) Kabupaten Mimika mengirimkan 9 SDM untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Komputerisasi Kearsipan Elektronik (e-Filing) di Yogya Executive School “YES”. Dengan mengikuti Pelatihan Komputerisasi Kearsipan Elektronik (e-Filing) diharapkan penataan dan pengelolaan arsip di lingkungan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (DISHUBKOMINFO) Kabupaten Mimika dapat berjalan dengan semakin efektif dan efisien.

Acara Malam Keakraban peserta Pelatihan Pengembangan SDM dan Teknologi Informasi Yogya Executive School "YES"

Acara Malam Keakraban peserta Pelatihan Pengembangan SDM dan Teknologi Informasi Yogya Executive School “YES”

 

Jika memerlukan Pelatihan seperti pada berita diatas atau Materi Pelatihan yang lain silahkan mengisi form request training

Tags : , ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami