Pelatihan e-Government – Komputerisasi Kearsipan Elektronik (e-Filing) dari Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Kota Semarang

October 27, 2016 Implementasi TI, Pelatihan

pelatihan-e-government-program-pascasarjana-universitas-diponegoro-kota-semarang

Perguruan tinggi negeri atau swasta wajib mengelola arsip dinamis yang terbentuk dari kegiatan yang dibiayai dengan anggaran sendiri, negara dan/atau bantuan luar negeri. Arsip perguruan tinggi dibentuk untuk menyimpan dan memelihara arsip penting yang berkaitan dengan bukti status intelektualitas serta pengembangan potensi yang melahirkan inovasi dan karya-karya intelektual lainnya, yang berkaitan dengan fungsi perguruan tinggi sebagai lembaga penelitian, lembaga pendidikan dan pengabdian masyarakat. Dengan demikian perguruan tinggi bertanggungjawab penuh di dalam menyelenggarakan kearsipan. Dan pentingnya pengelolaan arsip adalah untuk menjamin ketersediaan arsip dalam penyelenggaraan kegiatan sebagai bahan akuntabilitas kinerja dan alat bukti yang sah berdasarkan suatu sistem yang memenuhi persyaratan: andal, sistematis, utuh, menyeluruh, sesuai dengan norma, standar, prosedur, dan kriteria. Selain itu juga untuk menjamin keaslian (otentik), keutuhan, keamanan, dan keselamatan arsip.

Dan dengan adanya kemajuan teknologi informasi yang sangat cepat, pengelolaan kearsipan dengan memanfaatan teknologi informasi untuk Lembaga Pemerintah, Perguruan Tinggi Negeri / Swasta dapat dilakukan. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan yang disebutkan, bahwa dalam rangka pemeliharaan arsip dinamis dapat dilaksanakan dalam bentuk dan media apapun sesuai kemajuan teknologi informasi dan komunikasi berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

pelatihan-komputerisasi-kearsipan-elektronik-e-filing

Mengingat pentingnya pengarsipan dan pengelolaan dokumen secara elektronik agar mendapatkan manfaat yang maksimal, maka Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Kota Semarang pada tanggal 24 s/d 26 Oktober 2016 mengirimkan 3 sdm terpilih, untuk mengikuti kegiatan Pelatihan e-Government Komputerisasi Kearsipan Elektronik (e-Filing). Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan arsip dengan menerapkan aplikasi sistem informasi manajemen kearsipan elektronik (e-Filing). Dan setelah mengikuti pelatihan Komputerisasi Kearsipan Elektronik (e-Filing) peserta diharapkan mendapatkan manfaat yang maksimal, antara lain :

  • Pengumpulan informasi yang lebih baik, konsisten dan mudah dicari kembali
  • Memudahkan penggunaan dokumen secara bersama antar unit dalam lembaga Pemerintah
  • Memudahkan penyusunan informasi organisasi secara terstruktur
  • Memudahkan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan akurat
  • Meningkatkan kualitas layanan publik

 

Jika memerlukan Pelatihan seperti pada berita diatas atau Materi Pelatihan yang lain silahkan mengisi form request training

 

 

 

 

Tags : , , ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami