Pelatihan e-Government – Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Hukum dan Peraturan Perundang-undangan (SIKUMPERDA) dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pekalongan

November 17, 2016 Implementasi TI, Pelatihan

pelatihan-e-government-dari-dewan-perwakilan-rakyat-daerah-dprd-kabupaten-pekalongan

Pemanfaatan teknologi informasi didalam kegiatan legislasi pada proses pembentukan Peraturan Daerah (Perda) bersama Kepala Daerah sudah tidak dapat ditunda lagi. Karena proses legislasi yang panjang memerlukan sebuah sistem informasi didalam pengarsipan sehingga proses pembentukan Perda yang berisi rangkaian kegiatan dimulai dari penyiapan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), proses mendapatkan persetujuan (pembahasan di DPRD dalam empat tahap pembicaraan), pengambilan keputusan dan pengesahan oleh Kepala Daerah, dapat lebih efektif dan efisien. Dan pemanfaatan teknologi informasi ini juga sebagai sebagai upaya dan bukti didalam mewujudkan penyelenggaraan kepemerintahan yang baik (good governance).

Dan mengingat peranan Peraturan Daerah yg sangat penting dalam penyelenggaraan Otonomi Daerah dan dalam mewujudkan keadilan dan kesejahteraan rakyat, maka implamentasi aplikasi Sistem Informasi Hukum dan Peraturan Perundang-undangan (SIKUMPERDA) bagi Sekretariat DPRD merupakan salah satu solusi untuk peningkatan kualitas proses didalam pembentukan produk hukum dan peraturan daerah.

diklat-teknis-e-government-aplikasi-sistem-informasi-hukum-dan-peraturan-perundang-undangan-sikumperda

Dengan mempertimbangkan efisiensi dan efektifitas di dalam proses pembentukan Perda, maka pada tanggal 14 s/d 16 November 2016 Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pekalongan mengirimkan 3 sdm untuk mengikuti Diklat Teknis Aplikasi Sistem Informasi Hukum dan Peraturan Perundang-undangan (SIKUMPERDA) di Yogya Executive School “YES”. Dan setelah mengikuti diklat teknis ini diharapkan peserta mendapatkan pengetahuan dan wawasan tentang penerapan teknologi informasi serta manfaat yang terkait dengan proses pembentukan peraturan daerah dan dapat mengoperasikan aplikasi Sistem Informasi Hukum dan Peraturan Perundang-undangan (SIKUMPERDA) dengan baik.

Acara Malam Keakraban Peserta Pelatihan Pengembangan SDM dan Teknologi Informasi Yogya Executive School "YES"

Acara Malam Keakraban Peserta Pelatihan Pengembangan SDM dan Teknologi Informasi Yogya Executive School “YES”

 

Jika memerlukan Pelatihan seperti pada berita diatas atau Materi Pelatihan yang lain silahkan mengisi form request training

 

 

Tags : ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami