Pelatihan Manajemen Gedung dan Inventarisasi Aset (SIMADURIA)

January 9, 2018 Pelatihan

Pelatihan Pelatihan Manajemen Gedung dan Inventarisasi Aset SIMADURIA Yogya Executive School Januari 2018

Dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien, sangat diperlukan ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai dan terkelola dengan baik. Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah mengamanatkan bahwa, dengan semakin kompleks dan berkembangnya pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah maka perlu dikelola secara optimal.

Operasional sebuah instansi pemerintah sesuai tugas pokok dan fungsinya dalam menyelenggarakan pemerintahan dan pelayanan publik sangat ditunjang dengan keberadaan gedung, peralatan dan mesin, serta aset tetap lainnya yang dimiliki atau dikuasai oleh instansi tersebut. Oleh karena itu perlu pengelolaan yang baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah, setiap SKPD wajib melakukan pencatatan dan inventarisasi barang milik daerah yang berada dalam penguasaanya. Inventarisasi adalah kegiatan pendataan, pencatatan, dan pelaporan hasil pendataan Barang Milik Negara/Daerah. Sedangkan berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 16/PRT/M/2010 tentang Pedoman Teknis Pemeriksaan Berkala Bangunan Gedung, setiap orang atau badan termasuk instansi pemerintah dalam pemanfaatan bangunan gedung wajib memenuhi ketentuan persyaratan teknis pemeriksaan berkala bangunan gedung yang meliputi komponen arsitektural, struktural, mekanikal, elektrikal dan tata ruang luar bangunan gedung agar bangunan gedung selalu/tetap laik fungsi.

Pelatihan Manajemen Gedung dan Inventarisasi Aset yang kami selenggarakan mempelajari sistem pengelolaan pemeliharaan gedung dan inventarisasi aset secara elektronik dengan mengunakan aplikasi SIMADURIA.

SIMADURIA (Sistem Informasi Manajemen Gedung dan Inventarisasi Aset) adalah aplikasi berbasis denah digital dan berbasis web, yang berfungsi ganda yaitu untuk mengelola pemeliharaan gedung dan inventarisasi aset. Pemeliharaan dan perawatan/perbaikan gedung meliputi komponen arsitektural, struktural, mekanikal, elektrikal, tata graha dan tata ruang luar. Sedangkan inventrisasi aset dilakukan per ruangan dengan mengacu pada denah digital yang diunggah dan menghasilkan output berupa Kartu Inventaris Ruang (KIR), Label, dan Kartu Inventaris Barang (KIB B, KIB C, KIB E dan Aset Tak Berwujud).

Aplikasi SIMADURIA kami buat menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan Framework CodeIgniter, Bootstrap dan jQuery. Database menggunakan MySQL dan web design menggunakan HTML. Sesuai dengan karaktiristik aplikasi berbasis web, aplikasi ini multi platform (Windows, Unix atau Linux dll) dan support untuk digunakan secara secara bersama-sama (multi user) dalam suatu jaringan Client-Server. Setiap instansi yang mengikuti pelatihan yang kami selenggarakan akan mendapatkan aplikasi SIMADURIA secara gratis.

Pelatihan Manajemen Gedung dan Inventarisasi Aset (SIMADURIA) berlangsung selama 3 (tiga) hari dengan materi pelatihan:

  • Apresiasi dan Instalasi SIMADURIA
  • Manajemen Pengguna
  • Bidang dan Komponen
  • Denah Gedung Digital
  • Program Kerja Pemeliharaan
  • Penjaringan
  • Pemeliharaan dan Perbaikan Gedung
  • Kartu Inventaris Ruang (KIR) dan Label
  • Peralatan Mesin (KIB B)
  • Gedung (KIB C)
  • Aset Tetap Lainnya (KIB E)
  • Aset Tak Berwujud

Pelatihan Manajemen Gedung dan Inventarisasi Aset (SIMADURIA) merupakan salah satu program dari Pelatihan Perkantoran Elektronik (EOFFICE) yang kami selenggarakan.

Informasi lebih lanjut dan pendaftaran online klik di sini

Tags : , ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami