Pelatihan Sistem Informasi Hukum dan Peraturan Perundang-Undangan (SIKUMPERDA)

January 9, 2018 Pelatihan

Pelatihan Sistem Informasi Hukum dan Peraturan Perundang-Undangan (SIKUMPERDA) Yogya Executive School (YES Jogja) 09 Januari 2018

Undang-undang Nomor 22 Tahun 2003 telah membawa perubahan yang sangat mendasar terhadap kedudukan, fungsi, tugas dan wewenang, hak, dan kewajiban DPRD. Sebagai lembaga pemerintahan daerah, DPRD mempunyai kedudukan dan fungsi yang sama dengan Pemerintah Daerah dalam membangun dan mengusahakan dukungan dalam penetapan kebijakan Pemerintahan Daerah.

Salah satu fungsi DPRD adalah Legislasi yang diwujudkan dalam membentuk Peraturan Daerah (Perda) bersama Kepala Daerah. Proses pembentukan Perda merupakan suatu proses yang kompleks. Dimulai dari penyiapan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), proses mendapatkan persetujuan (pembahasan di DPRD dalam empat tahap), pengambilan keputusan dan pengesahan oleh Kepala Daerah.

Perubahan lingkungan strategis dan kemajuan teknologi informasi yang begitu pesat telah melahirkan perubahan tatanan kehidupan masyarakat, sejalan dengan perkembangan kehidupan ketatanegaraan dan politik kebangsaan. Dalam rangka tertib administrasi dan peningkatan kualitas produk hukum daerah, pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pembentukan Perda tidak dapat dihindari lagi.

Pelatihan Sistem Informasi Hukum dan Peraturan Perundang-Undangan yang kami selenggarakan mempelajari sistem dokumentasi proses pembentukan Perda dan pengarsipan produk hukum dengan mengunakan aplikasi SIKUMPERDA.

SIKUMPERDA (Sistem Informasi Hukum dan Peraturan Perundang-Undangan) adalah aplikasi berbasis web yang berfungsi untuk mendokumentasikan proses pembentukan perda, mengarsipkan produk hukum dan mendistribusikan/menyebarluaskan produk hukum daerah dan dokumen hukum lainnya secara sistematis dan terpadu.

Aplikasi SIKUMPERDA kami buat menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan Framework CodeIgniter, Bootstrap dan jQuery. Database menggunakan MySQL dan web design menggunakan HTML. Sesuai dengan karaktiristik aplikasi berbasis web, aplikasi ini multi platform (Windows, Unix atau Linux dll) dan support untuk digunakan secara secara bersama-sama (multi user) dalam suatu jaringan Client-Server. Setiap instansi yang mengikuti pelatihan yang kami selenggarakan akan mendapatkan aplikasi SIKUMPERDA secara gratis.

Pelatihan Sistem Informasi Hukum dan Peraturan Perundang-Undangan (SIKUMPERDA) berlangsung selama 3 (tiga) hari dengan materi pelatihan:

  • Apresiasi dan Instalasi SIKUMPERDA
  • Manajemen Pengguna
  • Raperda
  • Pebahasan
  • Pengarsipan
  • Distribusi/penyebarluasan dokumen hukum

Pelatihan Sistem Informasi Hukum dan Peraturan Perundang-Undangan (SIKUMPERDA) merupakan salah satu program dari Pelatihan Perkantoran Elektronik (E-OFFICE) yang kami selenggarakan.

Informasi lebih lanjut dan pendaftaran online klik di sini.

Tags : , ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami