Pelatihan Penatausahaan Keuangan dan Manajemen Kearsipan dari Biro Umum Sekretariat Daerah (SETDA) Provinsi Kalimantan Utara

October 7, 2023 Pelatihan

Pelatihan Pengembangan SDM Biro Umum Sekretariat Daerah (SETDA) Provinsi Kalimantan Utara Oktober 2023

Di dalam pengelolaan pemerintah daerah diharapkan ada salah satu kebijakan yang menunjang terselenggaranya tata pemerintahan yang baik dalam kerangka reformasi birokrasi adalah dengan meningkatkan tata kelola keuangan daerah secara tertib, taat pada Peraturan Perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggung jawab, dengan memperhatikan azas keadilan, kepatuhan dan manfaat untuk masyarakat. Hal ini dapat dilaksanakan dengan mengintegrasikan serta menyelaraskan perencanaan pembangunan dan keuangan daerah. Penatausahaan Keuangan merupakan Dokumen keuangan setiap Biro Lingkup Setda yang akan diverifikasi, kemudian diusulkan untuk dapat dibayarkan. Semua transaksi keuangan yang diproses akan dilaporkan sehingga menghasilkan Laporan Penatausahaan Keuangan (LRA, LPE, LO dan Neraca Keuangan). Adapun segala jenis layanan penatausahaan keuangan berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Pelatihan Penatausahaan Keuangan Biro Umum SETDA Provinsi Kalimantan Utara Oktober 2023

Arsip merupakan sumber informasi organisasi, lembaga atau instansi, sehingga seluruh arsip harus dikelola secara khusus menggunakan sistem manajemen yang tepat agar keberadaan arsip dapat terpelihara dengan baik dan mudah ditemukan saat dibutuhkan. Proses pengelolaan kearsipan dalam lingkungan kerja perkantoran ini kemudian kita kenal dengan istilah tata kearsipan atau manajemen arsip.

Mengingat pentingnya penyusunan dokumen keuangan dan pengelolaan arsip yang baik, maka pada tanggal 05 s/d 07 Oktober 2023 Biro Umum Sekretariat Daerah (SETDA) Provinsi Kalimantan Utara menugaskan 2 SDM untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Pengembangan SDM dengan materi Penatausahaan Keuangan dan Manajemen Kearsipan. Setelah mengikuti kegiatan Pelatihan Penatausahaan Keuangan dan Manajemen Kearsipan diharapkan meningkatkan pengetahuan dan keahlian peserta dalam penyusunan dokumen keuangan dan perencanaan serta pengembangan pengelolaan arsip dengan lebih baik.

Pelatihan Manajemen Kearsipan Biro Umum SETDA Provinsi Kalimantan Utara Oktober 2023

Jika memerlukan  Pelatihan Perkantoran ElektronikPelatihan Teknologi Informasidan Pelatihan Pengembangan SDM, seperti pada berita diatas atau Materi Pelatihan yang lain silahkan mengisi form request training.

Tags : ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami