Pelatihan Penatausahaan Barang Milik Daerah dari BPKAD Kabupaten Manokwari Selatan Provinsi Papua Barat

November 11, 2023 Pelatihan

Pelatihan Pengembangan SDM BPKAD Kabupaten Manokwari Selatan Provinsi Papua Barat November 2024

Penatausahaan Barang Milik Daerah (BMD) merupakan kegiatan penting didalam Pengelolaan Aset Daerah yang ada di SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Pemerintah Daerah. Kepala SKPD bertanggung jawab terhadap aset yang diberikan kepada masing-masing SKPD yang dikelola. Kepala SKPD bertanggung jawab terhadap aset yang diberikan kepada masing-masing SKPD yang dikelola. Kemudian Pemerintah Daerah berperan dalam pengawasan serta diharapkan memberi perhatian khusus terhadap Barang Milik Daerah tersebut, sehingga dapat tercapai pemberian opini yang baik oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) terhadap Pengelolaan Aset Daerah dan Peningkatan Kinerja seperti yang diharapkan.

Pelatihan Penatausahaan Barang Milik Daerah BPKAD Kabupaten Manokwari Selatan Provinsi Papua Barat November 2023

Lingkup pengelolaan aset daerah mencakup perencanaan kebutuhan dan penganggaran, pengadaan, penggunaan, pemanfaatan, pengamanan dan pemeliharaan, serta penilaian, penghapusan, pemindahtanganan, penatausahaan, pembinaan, pengawasan, dan pengendalian. Proses tersebut merupakan siklus logistik yang lebih terinci berdasarkan pada pertimbangan perlunya penyesuaian terhadap siklus perbendaharaan dalam konteks yang lebih luas (keuangan negara).

Pelatihan Pengembangan SDM dengan materi Penatausahaan Barang Milik Daerah BPKAD Kabupaten Manokwari Selatan November 2023

Mengingat pentingnya tata cara dan pengembangan Pengelolaan Aset Daerah di lingkungan pemerintah daerah serta untuk menunjang tata kelola yang baik, maka pada tanggal 07 s/d 09 November 2023 Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Manokwari Selatan Provinsi Papua Barat menugaskan beberapa SDM untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Pengembangan SDM dengan materi Penatausahaan Barang Milik Daerah. Setelah mengikuti kegiatan Pelatihan Penatausahaan Barang Milik Daerah diharapkan meningkatkan wawasan peserta dalam kegiatan rutin pengelolaan aset daerah yang transparan dan akuntabel.

Jika memerlukan  Pelatihan Perkantoran ElektronikPelatihan Teknologi Informasidan Pelatihan Pengembangan SDM, seperti pada berita diatas atau Materi Pelatihan yang lain silahkan mengisi form request training.

Tags : ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami