Pelatihan Penyusunan ASB dan SSH Terintegrasi SIPD dari Badan Keuangan Daerah Kabupaten Yalimo Provinsi Papua

December 11, 2023 Pelatihan

Pelatihan Pengembangan SDM Badan Keuangan Daerah Kabupaten Yalimo Provinsi Papua Desember 2023

Pemberlakuan otonomi daerah di Indonesia mengakibatkan perubahan pola pertanggungjawaban daerah atas pengalokasian dana yang dianggarkan oleh daerah. Otonomi daerah memiliki dampak positif terhadap pengelolaan keuangan daerah karena suatu daerah diberi peluang untuk mengelolaan keuangannya sendiri. Untuk mendukung kegiatan lembaga dan instansi pemerintah diperlukan data-data SSH, SBU, HSPK dan ASB yang merupakan empat master data yang harus diinput dalam Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD). Empat master data tersebut harus tersedia sebelum pendapatan dan belanja dimuat dalam Kebijakan Umum Anggaran – Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS). Sistem Informasi Pemerintahan Daerah yang selanjutnya disingkat SIPD adalah pengelolaan informasi pembangunan daerah, informasi keuangan daerah, dan informasi Pemerintahan Daerah lainnya yang saling terhubung untuk dimanfaatkan dalam penyelenggaraan pembangunan daerah. Pemanfaatan teknologi informasi yang berkembang sangat cepat saat ini, memberikan fasilitas penyusunan dan pengelolaan keuangan daerah yang meliputi SSH, HSPK dan ASB dapat diinput dan diproses dalam Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD). Sistem Informasi ini juga memiliki data jenis, spesifikasi teknis dan harga barang tertentu dari berbagai penyedia barang/jasa pemerintah yang bertujuan untuk mempermudah para pelaku pengadaan barang/jasa.

Pelatihan Penyusunan ASB & SSH Terintegrasi SIPD  Badan Keuangan Daerah Kabupaten Yalimo Desember 2023

Mengingat pentingnya penyusunan dokumen pengelolaan keuangan daerah dengan standarisasi, agar memiliki keseragaman serta kesesuaian antara dokumen yang satu dengan yang lainnya, maka pada tanggal 07 s/d 09 Desember 2023 Badan Keuangan Daerah Kabupaten Yalimo Provinsi Papua menugaskan 15 SDM untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Pengembangan SDM dengan materi Penyusunan Analisa Standar Belanja (ASB) dan Standar Satuan Harga (SSH) Terintegrasi SIPD. Setelah mengikuti kegiatan Pelatihan Penyusunan Analisa Standar Belanja (ASB) dan Standar Satuan Harga (SSH) Terintegrasi SIPD diharapkan meningkatkan wawasan dan keahlian peserta dalam kegiatan penyusunan dokumen pengelolaan keuangan daerah dengan lebih baik dan akuntabel.

Pelatihan Pengembangan SDM  materi Penyusunan ASB & SSH Terintegrasi SIPD Badan Keuangan Daerah Kabupaten Yalimo Desember 2023

Jika memerlukan  Pelatihan Perkantoran ElektronikPelatihan Teknologi Informasidan Pelatihan Pengembangan SDM, seperti pada berita diatas atau Materi Pelatihan yang lain silahkan mengisi form request training.

Tags : ,

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami melalui :


Telepon (0274) 737 1118
Faximile (0274) 737 1118
Email info@yesjogja.com,
info_yesjogja@yahoo.co.id,
yesjogja.info@gmail.com
Datang langsung ke kantor kami :
Jl. Gondang Raya No. 20 A Condongcatur Sleman Yogyakarta 55283

Peta Kantor Kami